Menarik, Ini Karya Lagu Pertama di Dunia, Sudah Ada Sejak 4.000 Tahun Silam!

Menarik, Ini Karya Lagu Pertama di Dunia, Sudah Ada Sejak 4.000 Tahun Silam!

Menarik, Ini Karya Lagu Pertama di Dunia, Sudah Ada Sejak 4000 Tahun Silam!--

RADARUTARA.ID - Lagu merupakan sebuah karya seni yang tam bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Lagu kerap didengarkan setiap hari untuk menemani kita ketika menjalani aktivitas.

Bahkan, lagu juga bisa membawa pendengarnya hanyut dalam perasaan senang ataupun sedih, tergantung pada musik atau lirik yang ada di dalam lagu tersebut.

Kemudian, apakah kamu pernah terpikir kapankah lagu pertama di dunia diciptakan? Ternyata lagu pertama di dunia sudah ada sejak 4.000 tahun silam. Bagaimana kisah lengkapnya? Simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:2 Terdakwa Pemerkosa Anak Dituntut 20 Tahun Penjara

Sejarah lagu pertama di dunia dimulai dari daerab Timur Tengah. Lagu pertama yang dibuat oleh manusia yakni himne Suriah yang berjudul Hymn to Creation.

Lagu ini diperkirakan dibuat pada tahun 3.400 sampai 4.000 silam. Hymn to Creation ditulis dengan menggunakan bahasa Cuneiform, merupakan bahasa tulis pertama sepanjang sejarah manusia.

Bahasa ini digunakan oleh masyarakat Sumeria yang tinggal di tenggara Mesopotamia. Mesopotamia sendiri terletak di antara Sungai Tigris dan Sungai Eufrat yang sekarang terkenal sebagai negara Irak.

BACA JUGA:Bermalam di Villa Thania, Healing sambil Menikmati View Kebun Teh Kabawetan

Kemudia, ada pila masyarakat Yunani kuno yang terkenal sebagai kaum yang mengembangkan notasi atau simbol untuk mencatat musik pertama kali.

Notasi musik ini disusun dari dua sistem huruf yang berbeda, yaitu notasi untuk instrumen dan notasi musik vokal.

Intinya, lagu pertama di dunia berasal dari daerah di Timur Tengah. Lagu juga terus berkembang sampai sekarang ini seiring dengan bermunculannya musisi-musisi baru yang melahirkan lagu berkualitas.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: