Air Manjunto, Pesona Bendungan Terbesar di Bengkulu, Begini Sejarahnya

Air Manjunto, Pesona Bendungan Terbesar di Bengkulu, Begini Sejarahnya

Air Manjunto, Pesona Bendungan Terbesar di Bengkulu, Begini Sejarahnya--

RADARUTARA.ID - Jika kamu berkunjung ke Kabupaten Mukomuko kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk menikmati pesona Obyek Wisata Air Manjunto.

Bendungan ini terletak di Desa Lalang Luas, Kecamatan V Koto, Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu yang menjadi bendungan terbesar di Bengkulu.

Bendungan Air Manjunto memiliki fungsi sebagai irigasi dan sumber air bersih masyarakat di Kabupaten Mukomuko. Bendungan ini menjadi salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Mukomuko.

Selain itu, bendungan ini mampu mengairi area persawahan sebesar 4.919 hektare, dan menjadi salah satu daya tarik wisata yang ramai dikunjungi ketika di akhir pekan ataupun libur Lebaran.

BACA JUGA:5 Desa ini Dianggap Paling Angker di Indonesia, Salah Satunya Memiliki Pemandangan yang Sangat Indah

Bendungan Air Manjunto dibangun pada masa pemerintahan Orde Baru kemurian diresmikan langsung oleh presiden saat itu yaitu Alm. H. Soeharto.

Objek wisata Air Manjunto juga dikelilingi dengan panorama alam yang sangat indah.

Untuk bisa sampai ke kawasan obyek wisata ini, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer jika dari kota Mukomuko dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Bendungan Air Manjunto memiliki bentang sepanjang 86 meter dan mercu 100, dan sudah termasuk penguras.

Bendungan ini juga punya nilai kemanfaatan yang tinggi untuk warga setempat yang memang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani.

BACA JUGA:7 Pesepak Bola Termahal di Piala Dunia U-17, Harga Pasar Capai Ratusan Miliar

Dampak dari bendungan ini sudab menjadikan perubahan pola tanam masyarakat di wilayah tersebut, yang awalnha lebih banyak beraktivitas di kebun sawit, saat ini kebanyakan fokus pada tanaman pangan.

Setiap libur akhir pekan ada banyak masyarakat di daerah Kabupaten Mukomuko yang menghabiskan waktu untuk bersantai di kawasan sekitar bendungan.

Jika dilihat dari sisi panorama, Bendungan Air Manjunto memang terletak di kawasan yang memiliki panorama indah. Sehingga sangat cocok untuk berlibur dengan budget yang murah meriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: