4 Doa Memohon Pertolongan Allah Ketika Sedang Menghadapi Keadaan Tersulit Dalam Hidup

4 Doa Memohon Pertolongan Allah Ketika Sedang Menghadapi Keadaan Tersulit Dalam Hidup

4 Doa Memohon Pertolongan Allah Ketika Sedang Menghadapi Keadaan Tersulit Dalam Hidup.--

RADARUTARA.ID - Sebagai hamba kita senantiasa dianjurkan untuk berdoa kepada allah termasuk ketika sedang mendapatkan kesulitan, tentunya memohon bantuan kepada Allah merupakan langkah terbaik agar dibebaskan segera dari setiap permasalahan yang sedang dialami.

Dalam buku Al wafi Syarah hadits arbain Imam an-nawawi yang ditulis oleh Musthafa Dieb El-Bugha dan Muhyiddin Mistu, Rasulullah SAW menasihati Ibnu Abbas RA dan mukminin untuk selalu memohon hanya kepada Allah Yang Mahamulia dan Mahakuasa.

Sesungguhnya orang yang beriman kepada Allah adalah orang-orang yang hanya meminta dan memohon kepada Allah dalam segala hal di setiap kehidupannya. Bahkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

"Sesungguhnya, Allah SWT berfirman, 'Apakah ada orang yang berdoa, maka Aku akan mengabulkan doanya. Apakah ada orang yang meminta, maka Aku akan memberinya. Dan apakah ada orang yang memohon ampunan, maka Aku akan mengampuninya.'" (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Miris, Seorang Ibu Kandung di Depok Tega Menjual Anak Gadisnya ke WNA Hidung Belang Seharga Rp3 Juta

Nah berikut ini adalah beberapa doa yang bisa kita panjatkan untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT dalam menghadapi setiap persoalan.

  • Doa Memohon Pertolongan Allah saat Terdesak Nabi Nuh AS

Di dalam buku karya Adi Tri Eka yang berjudul doa dan dzikir sepanjang tahun, nabi Nuh alaihissalam ketika dalam kesulitan memohon kepada Allah subhanahu wa ta'ala untuk dibebaskan dari kesulitan tersebut, doa tersebut terdapat di dalam Alquran surah al-qamar ayat 10 yang berbunyi:

اَنِّيْ مَغْلُوْبٌ فَانْتَصِرْ

Arab-latin: annii maghluubun fantashiir

Terjemahan: "Sesungguhnya aku telah dikalahkan, maka tolonglah (aku)."

 

  • Doa Memohon Pertolongan Allah SWT saat Terdesak Nabi Hud AS

Di dalam Alquran surah al-mu'minun ayat 39 terdapat doa nabi hud alaihissalam ketika dalam keadaan sulit yang berbunyi:

رَبِّ انْصُرْنِيْ بِمَا كَذَّبُوْنِ

Arab-latin: Rabbin surnii bimaa kadzabuun

Terjemahan: "Ya Tuhanku, tolonglah aku karena mereka telah mendustakanku."

BACA JUGA:Waspada, Posisi Tidur Seperti Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Kamu Jadi Keriput!

  • Doa Memohon Pertolongan Allah SWT saat Terdesak Nabi Luth AS

Terdapat sebuah doa yang tertulis dalam buku karya Muhammad Hasan Husein, yang berjudul pengobatan dan doa mustajab. Doa ini mengajarkan kepada kita untuk senantiasa memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah ketika kita berada dalam situasi dan lingkungan yang tidak adil atau penuh dengan kezaliman. Doa tersebut berbunyi,

رَبَّنَآ اَخْرِجْنَا مِنْ هٰذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ اَهْلُهَ* وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ وَلِيًّ* وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ نَصِيْرًا

Arab-latin: Robbanaa akhrijnaa min haadzihil qoryatidz dzoolimi ahluhaa waj'al lanaa min ladunka waliyyan waj'al lanaa min ladunka nashiiroo

Terjemahan: "Wahai Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Makkah) yang penduduknya zalim. Berilah kami pelindung dari sisi-Mu dan berilah kami penolong dari sisi-Mu." (QS. An-Nisa ayat 75)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: