5 Doa Keselamatan Dunia Akhirat yang Bisa Diamalkan Berbarengan dengan Dzikir Pagi dan Petang

5 Doa Keselamatan Dunia Akhirat yang Bisa Diamalkan Berbarengan dengan Dzikir Pagi dan Petang

5 Doa Keselamatan Dunia Akhirat yang Bisa Diamalkan Berbarengan dengan Dzikir Pagi dan Petang--

RADARUTARA.ID - Doa memiliki peran utama dalam kehidupan seorang muslim, dengan berdoa mampu mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Berdoa merupakan salah satu cara bagi kita untuk memohon pertolongan serta kemudahan dalam menjalani kehidupan. Ada doa yang bisa dibaca untuk mengharapkan keselamatan dan memohon perlindungan dari Allah SWT.

Doa ini dapat kita amalkan setiap harinya setelah selesai melaksanakan shalat fardu. Allah SWT telah memerintahkan kepada kita untuk senantiasa berdoa hal tersebut tertulis di dalam Alquran surah Al Ghafir ayat 60.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ  ٦٠

Artinya: "Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.""

BACA JUGA:5 Makanan Ini Bahaya untuk Sarapan, Nomor 3 Malah Favorit Anak-anak

Selain itu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam juga menganjurkan kita berdoa yang seperti dijelaskan dalam sebuah hadis Di mana Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa yang ingin agar Allah mengabulkan permohonannya pada saat dalam kondisi yang berat dan dalam keadaan terjepit, hendaknya ia memperbanyak berdoa di kala lapang (senang)." (HR Tirmidzi)

Selain itu ada pula doa yang memiliki makna keselamatan doa ini dapat kita panjatkan untuk memohon perlindungan dari Allah subhanahu wa ta'ala dan menjaga diri kita dari segala macam bahaya. Nah berikut ini adalah beberapa doa yang bisa kita amalkan untuk memohon pertolongan keselamatan dari Allah subhanahu wa ta'ala.

1. Doa keselamatan keluarga

Agar diri kita dan keluarga kita terhindar dari berbagai macam bahaya kita bisa mengamalkan doa ini untuk memohon kepada Allah senantiasa dilindungi dari hal-hal buruk yang dapat menimpa keluarga kita. Di dalam buku Kumpulan Doa Makbul: Berdoa Sesuai dengan Al-Qur'an & Assunah, bacaan doa agar diberi keselamatan keluarga yaitu:

رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ

Bacaan latin: Rabbi najjini wa ahli mimma ya maluna

Artinya: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dan keluargaku dari apa- apa (kejahatan) yang mereka perbuat."

BACA JUGA:Jangan Terlewat! Uranus Bakal Terlihat dari Bumi pada 13 November 2023

2. Doa mohon keselamatan dunia dan akhirat

Sebagai hamba kita tidak pernah mengetahui bagaimana perjalanan hidup kita untuk kedepannya, oleh sebab itulah memohon kepada Allah adalah salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan agar senantiasa diberikan keselamatan di dunia dan akhirat amalkan doa ini agar kita senantiasa dilindungi oleh sang pencipta.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنيا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: