Satu Desa Ditarget ODF Tahun Ini, Berikut Daftar Desa di MSS yang Masih BAB Sembarangan

Satu Desa Ditarget ODF Tahun Ini, Berikut Daftar Desa di MSS yang Masih BAB Sembarangan

Sigit/RU.ID- Tim ODF Kabupaten Bengkulu Utara saat berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan MSS dalam mendorong percepatan ODF desa-desa di MSS--

RADARUTARA.ID- Kepala Puskesmas (Kapus) Suka Makmur, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), dr Nanang Rahmat, mengatakan, bahwa satu desa di wilayah kerjanya ditargetkan bisa lolos Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari tindakan buang air besar sembarangan (BABS).

Satu desa yang ditargetkan lolos pada program ODF di tahun, ini adalah Desa Karya Pelita.

"Sebenarnya ada dua desa yang kita targetkan lolos ODF di tahun, ini. Yakni Desa Suka Merindu dan Desa Karya Pelita. Tapi dari intervensi yang sudah kita upayakan saat, ini baru satu desa yakni Desa Karya Pelita yang tercapai kesiapannya," ungkap Kapus.

BACA JUGA:Replanting Sawit di Bengkulu Utara Dilanjutkan, Petani Karet dapat Program Ekstensifikasi, Bibit Gratis

Untuk mendukung kesiapan ODF di Desa Karya Pelita, ini sendiri kata Kapus, tim dari jajaran Puskesmas dan lintas sektor pun, sudah diturunkan untuk melaksanakan pendampingan terhadap desa dalam mempersiapkan indikator-indikator yang harus dipenuhi oleh desa untuk mengantarkannya lolos pada program ODF.

"Pengecekan dan pendampingan oleh tim Kesling Puskesmas rutin kita laksanakan ke desa untuk memenuhi kriteria yang harus dipersiapkan, indikator utamanya penduduk desa yang bersangkutan harus memiliki akses BAB di jamban sehat 100 persen. Di sisi lain, tim ODF dari kabupaten juga sudah turun ke kecamatan untuk mendorong percepatan ODF," terangnya.

Lebih jauh, Kapus, menambahkan, bahwa upaya untuk mendorong desa-desa di wilayah kerjanya agar bebas dari BABS, ini akan terus dioptimalkan hingga tuntas.

"Kita juga sudah sepakat dengan pemerintah kecamatan, bahwa tahun depan kita targetkan secara keseluruhan 80 persen desa-desa di wilayah kita bisa ODF," pungkasnya. 

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Utara dan Baznas Kembali Salurkan Bantuan RTLH, Mian: 4 Rumah di Bedah Agar Layak Huni

Nah, berikut ini daftar desa di MSS yang masih BABS:

1. Desa Karya Pelita: 4 rumah

2. Desa Suka Makmur: 150 rumah

3. Desa Air Putih: 76 rumah

4. Desa Suka Maju: 50 rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: