Kasus Cacar Monyet di Indonesia Makin Meningkat, Ketua DPR RI Minta Pemerintah Memperluas Jangkauan Tracing

Kasus Cacar Monyet di Indonesia Makin Meningkat, Ketua DPR RI Minta Pemerintah Memperluas Jangkauan Tracing

Kasus Cacar Monyet Di Indonesia Makin Meningkat, Ketua DPR RI Minta Pemerintah Memperluas Jangkauan Tracing--

RADARUTARA.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani terus memantau kasus cacar monyet (Mpox) di Indonesia semakin meningkat. Puan meminta supaya pemerintah memperluas cakupan tracing sebagai bentuk upaya pencegahan penularan cacar monyet ini.

“Dengan memperluas cakupan tracing, kita bisa melakukan tindakan preventif sebelum terjadi penyebaran,” Sebab, jumlah pasien positif sudah mulai meningkat.” kata Puan dalam keterangan tertulis, Kamis (11 Februari 2023).

Puan mendorong tim peneliti untuk melihat masa inkubasi, atau waktu antara infeksi hingga munculnya gejala cacar monyet ini, yang biasanya berkisar antara 6 hingga 13 hari, meski pada beberapa kasus masa inkubasinya bisa lebih lama, hingga 21 hari.

“Dengan memperluas cakupan tracing, pemerintah bisa memberikan respon cepat jika seseorang terkonfirmasi terkena cacar monyet, sehingga bisa segera dikarantina,” ujarnya. Ini juga merupakan langkah awal untuk mencegah penyebaran penyakit cacar monyet. Ucapnya.

BACA JUGA:Mobilio Miliki Harga Murah, Namun Kurang Laku, Ternyata Ini Alasannya

Puan juga menjelaskan, upaya tracing juga harus dilakukan di lokasi pasien yang positif cacar monyet untuk mencegah suatu daerah terpapar virus. Hal ini berdasarkan pengalaman atas kasus penyebaran virus Covid-19.

Menurut dia, perluasan cakupan tracing juga bisa menjadi indikator untuk menentukan apakah pasien cacar monyet harus dikarantina atau cukup berobat jalan saja. Namun Puan menegaskan, hal itu harus didasari pengamatan yang cermat.

Melalui penelitian yang mendalam dan bantuan tim medis, ini akan menjadi upaya preventif untuk menghentikan penyebaran virus cacar monyet di Indonesia. Puan mendorong pemerintah pusat dan daerah bekerja sama membentuk kelompok penelitian pertama. Upaya untuk mencegah penyebaran penyakit ini, tanpa menunda dalam memprediksi masalah kesehatan masyarakat.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 1 November 2023, terdapat 29 kasus terkonfirmasi penyakit cacar monyet (Mpox) di Indonesia. Rinciannya, 23 kasus di DKI Jakarta, satu kasus di Bandung, Jawa Barat, dua kasus di Tangsel, dua kasus di Kabupaten Tangerang, dan satu kasus di Kota Tangerang, Banten. Semua pasien cacar monyet yang dikonfirmasi adalah laki-laki berusia antara 18 dan 49 tahun.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: