Kesulitan Jaringan Listrik, 15 KK Warga Talang Tua Usulkan Lisdes ke PLN

Kesulitan Jaringan Listrik, 15 KK Warga Talang Tua Usulkan Lisdes ke PLN

Gafur/RU.ID- Pemantauan lokasi calon usulan Lisdes di Desa Talang Tua oleh pihak PLN Arga Makmur --

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID - Sebanyak 15 Kepala Keluarga (KK) Warga Dusun tiga di Desa Talang Tua Kecamatan Padang mengusulkan bantuan suplai listrik ke PLN.

Pasalnya, selama ini listrik dirumah warga tersebut hanya mengandalkan jaringan dari desa tetangga dan itupun 1 meteran listrik digunakan untuk 10 rumah.

"Warga kami kesulitan jaringan listrik, mereka menggunakan 1 meteran dari Desa Marga Jaya dan digunakan untuk 10 rumah. Sementara, jarak itu sekitar 800 Meter dari lokasi KWH dan rumah warga kita,"ujar Ardianto, Kadun 3 Desa Talang Tua, Jumat (3/11/2023).

Menyikapi itu, Pihaknya mengusulkan ke PLN untuk dilakukan pemasangan tiang agar warganya bisa teraliri listrik.

"Totalnya sekitar 15 rumah, belum lama ini sudah disurvei oleh PLN,"tambahnya.

BACA JUGA:Kasih Uang ke Pengemis Atau Gelandangan di Kota Bengkulu Bisa Didenda Rp1 Juta

Sementara Manager ULP PLN Arga Makmur saat dikonfirmasi radarutara.id mengatakan bahwa dirinya bersama tim telah melakukan survey kelokasi di Dusun Talang Karet Desa Talang Tua tersebut.

Berdasarkan analisanya pihaknya menerima usulan serta berupaya masukkan program listrik desa (Lisdes). Pihaknya juga mengaku potensinya ada 15 pelanggan yang nantinya akan dilakukan pemasangan baru dan pemasangan beberapa tiang serta travo.

"Kita sudah lakukan survey, sesuai kebutuhan PLN memasang tiang dan trafo. Keluhan utama memang listrik setelah kita cek tegangan yang masuk ke rumah warga hanya 130 Volt,"ucapnya.

BACA JUGA:Baru Selesai Dibangun, Proyek Desa Tanah Tinggi Dikeluhkan Warga

Mengenai usulan itu, pihaknya belum bisa memastikan kapan dilakukan pemasangan jaringan baru. Namun dirinya akan berusaha untuk anggaran ditahun 2024.

Karena, usulan program lisdes bukan kewenangan unit, namun pihaknya akan berkoordinasi dengan PLN lisdes dan UP3 PLN.

"Untuk program lisdes di tahun ini sudah habis, semoga usulan warga talang tua  disetujui dan direalisasikan,"pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: