Isu Penggunaan Dana Desa TA 2024 Bertambah, ini Rinciannya

Isu Penggunaan Dana Desa TA 2024 Bertambah, ini Rinciannya

Dana desa--

RADARUTARA.ID- Isu penggunaan dana desa (DD) TA 2024 direncanakan bakal bertambah. Bertambahnya isu penggunaan DD, ini merujuk kepada Permendes tentang Prioritas Penggunaan DD PP Nomor 60 tahun 2014 dan PP Nomor 22 tahun 2015.

Dari kebijakan, ini diharapkan DD bisa difokuskan untuk memperkuat kebijakan fiskal nasional yang meliputi kemiskinan ekstrim, stunting dan inflasi di tingkat desa.

Ada pun, 7 isu prioritas penggunaan DD di TA 2024 nantinya meliputi pengentasan kemiskinan ekstrim, intervensi percepatan eliminasi TBC, ketahanan pangan nabati dan hewani, pencegahan Narkoba, penurunan stunting, dana operasional desa dan optimalisasi pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional.

"Ada dua isu skala prioritas baru yang rencananya akan menjadi beban tambahan desa di TA 2024. Yakni intervensi percepatan eliminasi TBC dan pencegahan Narkoba," ungkap Tenaga Pendamping Desa Kecamatan Putri Hijau, Imam.

BACA JUGA:Arti Zodiak Capres dan Cawapres, Prabowo dan Gibran Ternyata Punya Zodiak yang Sama

Diakui Imam, tentu penambahan isu skala prioritas penggunaan DD ini nantinya juga akan berdampak terhadap jumlah transfer DD yang akan diterima desa di TA 2024 mendatang.

"Pastinya seperti itu, ketika beban kerja desa bertambah kemungkinan besar DD yang diterima desa juga akan bertambah," pungkasnya.

Lebih jauh Imam, menambahkan, meskipun wacana tersebut sudah ada. Namun untuk memastikan penambahan isu skala prioritas penggunaan DD, ini sebaiknya desa masih harus menunggu PMK.

"Kita tunggu nanti setelah PMK turun. Biasanya segala kebijakan yang berkaitan dengan isu skala prioritas dan pagu anggaran yang akan diterima oleh desa itu akan diatur di dalam PMK," demikian Imam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: