Ramai Kasus e-SAF Patah, Honda Berikan Garansi Rangka hingga 5 Tahun untuk Semua Model

Ramai Kasus e-SAF Patah, Honda Berikan Garansi Rangka hingga 5 Tahun untuk Semua Model

Ramai Kasus e-SAF Patah, Honda Berikan Garansi Rangka hingga 5 Tahun untuk Semua Model--

RADARUTARA.ID - Belakangan ini, sepeda motor pabrikan Honda mendapat sorotan tajam dari masyarakat. Permasalahan yang terjadi yaitu, rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Fram) diduga gampang berkarat dan keropos.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) kemudian meninjau langsung pembuatan rangka eSAF dan menguji rangka eSAF milik konsumen.

Terbukti kalau mereka memang menemukan karat di bagian dalam rangka yang tidak dilapisi coating dan lubang pembuangan bawah sehingg berpotensi tertutup kotoran. Hal inilah yang membuat air menjadi tersumbat dan berpotensi menyebabkan udara lembab di sekitar rangka sehingga bersifat korosif.

BACA JUGA:Negara Ini Bebas Hutang dan Jadi Negara Terkaya Nomor 4 di Asia Karena Judi, Kok Bisa ?

Sedangkan pada saat kunjungan ke pabrik Honda, tim tidak melihat adanya kesalahan secara prosedur dan cacat material. Walaupun begitu, sentimen negatif dari masyarakat ke Honda terus berlanjut.

Menanggapi persoalan dari konsumen terhadap rangka eSAF, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan garansi 5 tahun untuk untuk semua model motor Honda, yang sebelumnya komponen tersebut hanya digaransi 1 tahun saja.

“Demi memberikan produk dan layanan terbaik untuk konsumen, AHM terus berusaha memastikan kualitas yang terbaik, tangguh, aman dan nyaman untuk pengendara,” ucap President Director of PT AHM Susumu Mitsuishi, Rabu (25/10).

BACA JUGA:Tak Jadi Cawapres, Golkar Tugaskan Ridwan Kamil Jadi Cagub DKI atau Jabar

Di lain sisi, Thomas Wijaya selaku Executive Vice President of PT AHM menyampaikan kalau garansi ini juga berlaku untuk motor Honda yang menggunakan rangka eSAF, diantaranya ada Beat, Vario 160, Genio, dan Scoopy.

Seluruh konsumen bisa langsung mengunjungi bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) terdekat.

“Tentunya untuk memastikan kondisi sepeda motor dalam rangka terbaik melalui layanan cek rangka yang sudah kami buka sejak Agustus lalu. Semua proses pemeriksaan dan penanganan bebas biaya. Konsumen bisa booking service terlebih dahulu atau bisa juga datang langsung ke bengkel resmi AHASS terdekat,” tutup Thomas.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: