Kota Kuno Al Ula, Tempat Paling Terkutuk di Bumi yang Pernah Dihindari Oleh Rasulullah SAW

Kota Kuno Al Ula, Tempat Paling Terkutuk di Bumi yang Pernah Dihindari Oleh Rasulullah SAW

Kota Kuno Al Ula, Tempat Paling Terkutuk Dibumi Yang Pernah Dihindari Oleh Rasulullah SAW.--

RADARUTARA.ID - Kota kuno Al ula dihindari oleh nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan dianggap sebagai kota yang terkutuk, kota ini merupakan salah satu situs bersejarah dari Kerajaan Arab Saudi.

Kota yang terdapat di kawasan daidan, atau daidan kuno. Di sana pula terdapat oase serta anak sungai yang mengaliri air. Kota kono Al ula terletak sekitar 400 km dari pusat kota Madinah.

Kota kuno Al ula merupakan bagian dari sejarah peninggalan peradaban rakyat nabi Saleh as yang merupakan kaum tsamud Al Hijr.

Kota ini memiliki arsitektur yang unik di mana terbuat dari pahatan batu, rakyat kaum tsamud terkenal sebagai pemahat yang handal serta hebat pula dalam mengukir dan pertukangan.

BACA JUGA:Pergi Mancing Tapi Bikin Anak Istri Senang? Wisata Bendungan Air Nipis Bengkulu Selatan Solusinya!

Dalam Alquran surah al-a'raf : 74 Allah SWT berfirman yang berbunyi:

وَاذْكُرُوْٓا اِذْ جَعَلَكُمْ خُلَفَاۤءَ مِنْۢ بَعْدِ عَادٍ وَّبَوَّاَكُمْ فِى الْاَرْضِ تَتَّخِذُوْنَ مِنْ سُهُوْلِهَا قُصُوْرًا وَّتَنْحِتُوْنَ الْجِبَالَ بُيُوْتًا ۚفَاذْكُرُوْٓا اٰلَاۤءَ اللّٰهِ وَلَا تَعْثَوْا فِى الْاَرْضِ مُفْسِدِيْنَ ٧٤

Artinya: "Ingatlah ketika (Allah) menjadikan kamu pengganti-pengganti (yang berkuasa) sesudah 'Ad dan memberikan tempat bagimu di bumi. Kamu membuat pada dataran rendahnya bangunan-bangunan besar dan kamu pahat gunung-gunungnya menjadi rumah. Maka, ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu melakukan kejahatan di bumi dengan berbuat kerusakan."

Kebanyakan dari rakyat kaum tsamud merupakan seorang pengrajin barang pecah belah atau tembikar. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya bukti arkeologi berupa batu karang di situs budaya kaum tsamud.

Kita dapat mencatat penemuan situs arkeologi penting di Kota Al Ula, yang sebelumnya dihuni hingga tahun 1970. Ini adalah contoh signifikan dari kota Islam yang secara resmi dikenali kembali pada abad ke-11 Masehi.

BACA JUGA:Cara Mengembalikan WA Kena Hack Verifikasi 2 Langkah, Simak Ulasan Berikut ini, Dijamin Berhasil!

Di antara peninggalan situs ini adalah Khuraibah, yang merupakan situs Kerajaan Lilyanite, berisi makam-makam penting, dan Ikmah, yang adalah sungai (wadi) dengan batu-batunya yang memuat prasasti Lilyanite dan Minea.

Madain Saleh, yang terletak sekitar 25 kilometer di utara Kota Al Ula, telah menjadi salah satu situs arkeologi paling terkenal di kawasan ini. Pada tahun 2008, Madain Saleh diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan menampilkan ratusan makam yang diukir indah di tebing batu pasirnya.

Menurut legenda Arab, Al Ula dianggap sebagai daerah berhantu yang didiami oleh jin dan roh jahat. Berdasarkan beberapa sumber, Al Ula telah lama mendapat reputasi sebagai tempat yang terkutuk, terkait dengan kisah kaum Tsamud.

Konon, dalam satu riwayat, Nabi Muhammad SAW pernah menghindari kota ini dengan berjalan cepat saat melewati Al Ula. Kejadian tersebut terjadi saat beliau dalam perjalanan menuju Perang Tabuk antara Arab dan Bizantium, seperti yang disebutkan dalam Atlas Obscura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: