Inilah Deretan Pemimpin Negara Muda di Dunia yang Dilantik Sebelum Umur 40 Tahun

Inilah Deretan Pemimpin Negara Muda di Dunia yang Dilantik Sebelum Umur 40 Tahun

Inilah Deretan Pemimpin Negara Muda di Dunia yang Dilantik Sebelum Umur 40 Tahun--

RADARUTARA.ID- Pro kontra, mewarnai putusan mahkamah konsitusi (MK) dalam mengabulkan syarat batas usia pencalonan Presiden dan Wakil Presiden di Indonesia. Dalam putusannya Senin 16 Oktober 2023, lalu.

MK mengabulkan syarat pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden RI minimal berusia 40 tahun atau berpengalaman sebagai kepala daerah baik di tingkat provinsi, kabupaten dan kota. 

Namun teryata, peraturan untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin negara di usia muda, ini bukan menjadi perkara di negara lain. Justru beberapa negara di belahan dunia, ini telah meletakan beberapa pemimpin negara di posisi yang sangat strategis. 

BACA JUGA:Pemdes Cipta Mulya Desak Bapenda Bengkulu Utara Turun ke Desa, Kades: Banyak Objek Pajak PBB Bermasalah

Nah, seperti apa dan siapa saja sih pemimpin negara di dunia ini yang berasal dari kaum muda atau dilantik sebelum usianya 40 tahun itu? Simak penjelasan berikut:

1. Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara, ini pertama kali menjabat sebagai kepala negara di usianya yang masih sangar muda yakni 27 tahun. Dirinya dilantik sebagai pemimpin Korea Selatan setelah kematian ayahnya Kim Jong II di tahun 2011. 

2. Sebastian Kurz

Ada Sebastian Kurz, Kanselir atau Perdana Menteri (PM) dari Australia. Dia menjabat di usianya 31 tahun pada periode 2020-2021. 

3. Sanna Marin

Kemudian, Sanna Marin, ia dilantik menjadi PM Finlandia di usianya 33 tahun. Bahkan waktu, itu Sanna Marin, juga menjadi perempuan pemimpin negara termuda di zamannya. Dirinya menjabat sejak tahun 2019-2023. 

BACA JUGA:Instagram Minta Maaf , Karena Ubah Kata Palestina Jadi Teroris

4. Gabriel Boric

Gabriel Boric, menjadi Presiden Chile dengan usia termuda sepanjang sejarah. Jabatan, itu dimulainya sejak tahun 2022 saat usianya masih 36 tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: