Kenapa Korea berpisah menjadi Korea Utara dan Selatan? Ini Alasannya

Kenapa Korea berpisah menjadi Korea Utara dan Selatan? Ini Alasannya

Kenapa Korea berpisah menjadi Korea Utara dan Selatan? Ini Alasannya--

RADARUTARA.ID - Coba kamu lihat negara Korea di peta, ternyata Korea dibagi menjadi dua bagian yaitu Korea Utara dan Korea Selatan.

Kenapa bisa begitu? Sejarah mencatat bahwa negara Korea dulunya pernah menjadi satu negara yang berkuasa di seluruh wilayah semenanjung Korea dan sekitarnya.

Meskipun Korea sempat dikuasi oleh Jepang selama 35 tahun, namun pada tahun 1945 Jepang menyerahkan diri kepada sekutu. Pada masa itu ada dua negara yang menjadi pemenangnya yaitu Uni Soviet dan Amerika Serikat.

BACA JUGA:Mulailah Ajarkan Anak Hidup Sederhana sejak Kecil, Manfaatnya Seumur Hidup

Semenanjung Korea wilayah selatan dikuasai oleh Amerika Serikat dan diwilayah utara dikuasai oleh Uni Soviet. Sedangkan Uni Soviet membentuk rezim komunis yang besar diwilayah utara.

Tetapi di tahun 1950, Korea Utara menyerang Korea Selatan secara mendadak dengan mengirim 75.000 pasukannya dengan tujuan mengambil alih Korea Selatan untuk mengembangkan paham sosial komunis, namun tidak ada negara yang menang maupun kalah.

Hingga saat ini kedua negara tersebut masih hidup terpisah dan kehidupan antar negara juag sangatlah bertolak belakang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: