Angkat Isu Mistis, 5 Mahasiswa UB Teliti Ritual Pesugihan Gunung Kawi

Angkat Isu Mistis, 5 Mahasiswa UB Teliti Ritual Pesugihan Gunung Kawi

Angkat Isu Mistis, 5 Mahasiswa UB Teliti Ritual Pesugihan Gunung Kawi--

RADARUTARA.ID - Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) ini terbilang aneh bahkan berani, lantaran memilih tema tak biasa saat melakukan penelitian. 

Dimana tidak, untuk menjadikan bahan penelitian, mahasiswa tersebut mengangkat isu mistis terkait praktik pesugihan yang kerap dilakukan sekelompok orang di Gunung Kawi, Malang, Jawa Timur.

Kelima mahasiswa UB itu adalah M Harun Rasyid Al Habsyi, Zulfikar Dabby Anwar, Suntari Nur Cahyani, Anggi Zahwa Romadhoni, dan Andini Laily Putri.

Kesemuanya merupakan mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UB. 

BACA JUGA:5 Koin Rupiah Terbitan Bank Indonesia Ini Mengandung Emas, Ada yang Beratnya Mencapai 50 Gram

Lantas apa tujuan penelitian mistis tersebut?

Dilansir dari UB, Dosen pembimbing penelitian ini adalah Destyana Ellingga Pratiwi, SP, MP, MBA.

Kemudian, tujuan dari penelitian aneh ini adalah untuk mencari tahu serta kebenarannya antara praktik mistis di Gunung Kawi dengan gangguan mental yakni skizofrenia psikosis. 

Ditambah lagi, penelitian tersebut dilakukan agar hasilnya bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia, bahwa dunia mistis yang selama ini dianggap tabu bisa jadi benar adanya.

Sebenarnya, keberadaan Gunung Kawi sendiri mempunyai beragam nilai kearifan lokal dan nilai budaya oleh masyarakat setempat. 

Namun lokasi ini malah dijadikan sekelompok orang untuk mendapatkan kesaktian, memperdalam ilmu hitam, hingga melakukan pesugihan.

BACA JUGA:Anggaran Bantuan Rice Cooker Masih Menunggu Persetujuan Bappenas dan Kemenkeu, ESDM: Masyarakat Mohon Bersabar

Agar isu mistis itu tidak penasaran, maka kelima mahasiswa tersebut melakukan penelitian dengan mewawancarai sejumlah narasumber yang pernah melakukan ritual di Gunung Kawi.

Alhasil,  penelitian mengungkap bahwa beberapa narasumber banyak yang merasakan pengalaman 'aneh-aneh' misalnya mendengar serta melihat sosok gaib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: