Pesona Air Terjun Donok, Surga Tersembunyi di Balik Hutan Belantara Bengkulu

Pesona Air Terjun Donok, Surga Tersembunyi di Balik Hutan Belantara Bengkulu

Pesona Air Terjun Donok, Surga Tersembunyi di Balik Hutan Belantara Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Kepahiang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu. Daerah ini mempunyai potensi objek agro wisata perkebunan teh Kabawetan, yang menjadi kawasan tumbuhnya bunga Rafflesia Arnoldi.

Wilayah ini juga mempunyai potensi alam yang indah dan bisa memanjakan mata. Salah satu objek wisatanya yakni Air terjun Donok, Batu Ampar. Air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter ini mempunyai keistimewaan tersendiri.

Dengan empat aliran air terjun kecil yang indah dan mempesona. Ditambah lagi, air yang jatuh diikuti percikan embun ketika berada di sekitar lokasi air terjun, yang membuat traveler menjadi betah berlama-lama.

BACA JUGA:Tegas, Presiden Jokowi Bakal Turunkan BPK dan BPKP untuk Audit Dana Desa

Dengan medan cukup menantang, curam, berbukit menanjak dan juga menurun. Hal tersebut akan terbalas saat traveler tiba di air yang bersumber dari aliran sungai Donok. Lebih terpatnya di Taman wisata alam (TWA) Bukit Hitam dan Bukit Kaba.

Di perjalanan wisatawan juga akan disuguhi anak sungai yang tidak terlalu besar namun dingin airnya. Nyanyian suara hewan bersayap juga terdengar saling sahut menyaut. Dari kejauhan tampak pepohonan menjulang tinggi.

Bahkan, di bagian sisi kiri air terjun ada sebuah lobang seperti goa. Sedangkan kolam air terjun berdiameter sekitar 15 meter.

BACA JUGA:Wajib Tau, Ini 3 Alasan Mengecek Mobil Bekas Mesin Jangan Dihidupkan

Berjarak sekitar 78 km dari Kota Bengkulu, wisata Air Terjun Donok, bisa dinikmati dengan menempuh perjalanan darat. Baik kendaraan roda empat ataupun roda dua, kurang lebih 2,5 jam dari Kota Bengkulu.

Sedangkan, dari rumah perangkat desa memakan waktu tidak lebih dari 45 menit. Jika ditempuh dengan jalan kaki.

Destinasi air terjun ini menjadi salah satu objek wisata andalan desa Batu Ampar. Nama air terjun di ambil dari aliran sungai Donok, sehingga diberi nama Donok. Air itu berasal dari sumber aliran sungai taman wisata alam (TWA) Bukit Hitam dan Bukit Kaba.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: