Pernah Jadi yang Terkuat Pada Masanya, 6 Peradaban Kuno Ini Resmi Dinyatakan Hilang

Pernah Jadi yang Terkuat Pada Masanya, 6 Peradaban Kuno Ini Resmi Dinyatakan Hilang

Pernah Jadi Yang Terkuat Pada Masanya, 6 Peradaban Kuno Ini Resmi Dinyatakan Hilang.--

RADARUTARA.ID - Dalam sejarah manusia, ada beberapa peradaban besar yang pernah ada, berkembang, dan akhirnya menghilang.

Beberapa peradaban kuno masih menjadi teka-teki bagi para sejarawan, meskipun ada beberapa petunjuk yang menyiratkan bahwa mereka telah hilang. Penyebab hilangnya peradaban-peradaban ini bervariasi, mulai dari perang, perubahan iklim, hingga wabah penyakit.

Berikut adalah enam peradaban kuno yang dianggap hilang:

1. Peradaban Indus

Peradaban Indus, juga dikenal sebagai peradaban Harappa, adalah salah satu peradaban terbesar dalam sejarah kuno. Mereka tersebar di wilayah India, Pakistan, dan Afghanistan. Peradaban ini memiliki arsitektur yang mengesankan.

Namun, jejak peradaban ini menghilang sekitar 3.000 tahun yang lalu, dan hingga kini alasan pasti mengapa peradaban ini menghilang masih belum diketahui. Beberapa teori menyebutkan bahwa perubahan iklim yang menyebabkan kekeringan dan kelaparan adalah penyebabnya.

BACA JUGA:Suku Afar, Penambang Garam Afrika yang Tinggal di Tanah Kematian, Begini Fakta Uniknya

2. Çatalhöyük

Çatalhöyük adalah kota tertua di dunia yang terletak di wilayah tengah-selatan Turki. Peradaban ini berkembang sekitar 9.000 hingga 7.000 tahun yang lalu dan tiba-tiba menghilang.

 

3. Pulau Paskah

Pulau Paskah, juga dikenal sebagai Rapa Nui, adalah rumah bagi peradaban Polinesia yang pertama kali mendiami pulau ini sekitar tahun 700 Masehi. Mereka memiliki kemampuan navigasi laut yang hebat pada masa itu.

Namun, peradaban Pulau Paskah mengalami kemunduran yang signifikan. Kekurangan sumber daya alam dan wabah penyakit sering disebut sebagai penyebabnya.

BACA JUGA:Kisah Pertempuran Sengit Pasukan Dayak Melawan Penjajah, yang Berhasil Membunuh Perwira Senior Jepang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: