Menarik Tuah Surat Al-Falaq Ayat 3, Melindungi Manusia dari Jahatnya Kegelapan Malam

Menarik Tuah Surat Al-Falaq Ayat 3, Melindungi Manusia dari Jahatnya Kegelapan Malam

Menarik Tuah Surat Al-Falaq Ayat 3, Melindungi Manusia Dari Jahatnya Kegelapan Malam.--

RADARUTARA.ID - Setiap manusia pastilah memiliki cobaan dalam hidupnya, dalam hidup kita tidak pernah mengetahui apakah kesulitan itu bisa datang dari mana saja.

Maka dari itu sebagai umat muslim kita diajarkan hanya memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah subhanahu wa ta'ala karena hanya dialah tempat berlindung terbaik serta pelindung sempurna.

Sesuai dengan FirmanNya dalam surah al-falaq ayat 3

وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ

Artinya: Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

BACA JUGA:Idaman Anak Kos, Ini Rekomendasi Kulkas Mini Murah dan Hemat Listrik, Wajib Punya

Ustad oemar Mita menyatakan bahwa merujuk dari tafsir Ibnu Katsir kita hanya meminta dan memohon perlindungan dari segala macam bahaya dan cobaan apabila hari telah menjadi gelap gulita, sebab pada saat malam hari kekuatan setan menjadi lebih kuat ketimbang saat Matahari sedang terbit.

Meskipun demikian bukan berarti gangguan setan hanya terjadi pada saat malam hari saja. Akan tetapi gangguannya bisa datang kapan saja dan di mana saja dan sebab itulah kita harus tetap waspada dan memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha kuasa. 

Oleh sebab itulah Allah subhanahu wa ta'ala memerintahkan kita semua untuk senantiasa memohon perlindungan di malam hari hanya kepadaNya bahkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:.

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Anak yang Diikuti Khodam Leluhur

Maka dari itu Allah memerintahkan Hamba-Nya untuk memohon perlindungan di malam hari hanya kepada-Nya. Bahkan Rasulullah SAW bersabda:

"Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka lepaskan mereka. Tutuplah pintu dan berzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian." (HR Bukhari, nomor 3280 dan Muslim nomor 2012).

Dari hadis tersebut dapat kita ketahui bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam senantiasa memerintahkan kita, untuk menutup pintu pada saat malam hari dengan terlebih dahulu mengucapkan bismillah, agar semua setan keluar dari rumah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: