Apa Benar Kapitan Pattimura Bernama Asli Ahmad Lussy? Ini Tanggapan Keluarga Matulessy

Apa Benar Kapitan Pattimura Bernama Asli Ahmad Lussy? Ini Tanggapan Keluarga Matulessy

Apa Benar Kapitan Pattimura Bernama Asli Ahmad Lussy? Ini Tanggapan Keluarga Matulessy--

RADARUTARA.ID - Beberapa waktu belakangan, nama pahlawan Kapitan Pattimura disebut memiliki nama asli Ahmad Lussy, sehingga menjadi topik pembicaraan paling hangat.

Selama ini, Kapitan Pattimura terkenal sebagai Thomas Matulessy. Tetapi, keluarga keturunan Thomas Matulessy dari Pulau Haruku, Provinsi Maluku, membantah bahwa Pattimura merupakan Ahmad Lussy.

"Itu semua hoax sejarah," ucap Thomas Matulessy.

BACA JUGA:Air Terjun Pipa Belanda, Hidden Gems di Bengkulu yang Masih Alami dan Punya Nilai Sejarah

Sebagai keturunan Thomas Matulessy yang sudab hidup sejak abad 18-19, dirinya mengaku bahwa sosok yang dikenal sebagai Kapitan Pattimura yang tewas di tiang gantungan Belanda, lalu ditetapkan Indonesia sebagai pahlawan nasional.

"Saya ini merupakan generasi ke-6 dari Thomas Matulessy," ucap Thomas, pria kelahiran Hulaliu, Pulau Haruku, tahun 1957, dan hingga saat ini tinggal di Ambon.

Thomas sendiri diberikan nama persis oleh orang tuanya dengan nama asli Kapitan Pattimura supaya bisa mengenang nenek moyangnya. Walaupun demikian, keluarga Thomas belum diakui oleh negara sebagai keluarga ahli waris pahlawan nasional Kapitan Pattimura.

BACA JUGA:Di GoPay Pinjam, Kamu Bisa Mengajukan Pinjaman Hingga Rp15 Jutaan, Langsung Cair Tanpa Drama, Cek Syaratnya

Pasalnya selama ini, Kapitan Pattimura ditetapkan tidak memilimi keturunan dan gugur di tangan Belanda di usia 34 tahun. Keluarga ahli waris Kapitan Pattimura yang diakui oleh negara berasal dari keturunan saudara kandung Kapitan Pattimura.

Kembali lagi mengenai klaim yang menyebutkan nama asli Kapitan Pattimura merupakan Ahmad Lussy ini diungkapkan oleh Ustaz Adi Hidayat. Sang ustaz juga mengatakan Kapitan Pattimura merupakan seorang muslin, serupa dengan klaim sejarawan Profesor Ahmad Mansur Suryanegara dalam bukunya 'Api Sejarah'.

"Disebutkan oleh profesor, namun profesor kalau tidak bikin penelitiannya itu termasuk hoax juga. Saya menganggap itu termasuk cerita dongeng yang tidak berdasar. Sejarah itu kan harus ada dasar fakta dari masa lampau yang benar," ucap Thomas.

BACA JUGA:Terbongkar, Ternyata Ini Alasan Kenapa Soekarno Punya Banyak Istri, Rahasia Taklukkan Hati Banyak Wanita

Dirinya mengungkapkan Kapitan Pattimura atau Thomas Matulessy merupakan anak Corneles dan Petrosina Noya, yang beragama Kristen Protestan," ucapnya.

Di tahun 2018, keluarga keturunan Matulessy membuat sebuah pertemuan. Keluarga marga Lussy juga turut hadir. Thomas juga mengaku bertemu dengan keluarga Ahmad Lussy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: