Ragu dan Lupa Jumlah Rakaat Ketika Sholat, Apa yang Harus Dilakukan? Begini Kata Ustadz Adi Hidayat

Ragu dan Lupa Jumlah Rakaat Ketika Sholat, Apa yang Harus Dilakukan? Begini Kata Ustadz Adi Hidayat

Ragu dan Lupa Jumlah Rakaat Ketika Sholat, Apa yang Harus Dilakukan? Begini Kata Ust Adi Hidayat--

RADARUTARA.ID- Manusia tak luput dari sifat lupa dan khilaf bahkan, urusan sholat sekali pun. Ada kalanya seorang muslim lupa akan rakaat dalam sholatnya sendiri, karena ini terjadi disebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor, itu di antaranya lalai atau dalam arti memikirkan hal lain dalam sholat sehingga kekhusyukan hilang. Selanjutnya, ketidaksempurnaan sholat juga bisa disebabkan oleh rasa kantuk. Sehingga orang yang melaksanakannya menjadi linglung.

Patut diketahui, bahwa lupa atau ragu tentang rakaat tidak akan membatalkan sholat. Dan cara yang bisa dilakukan saat mengalami hal ini adalah dengan melaksanakan sujud sahwi yang bertujuan untuk menyempurnakan ibadah sholat.

Tidak hanya kepada rakaat, sujud sahwi juga berlaku untuk seseorang yang melupakan tasyahud awal di dalam sholat.

BACA JUGA:Sering Lupa Hitungan Rakaat Sholat, Waspada Setan Sedang Mengganggumu, Kenali Tanda-tanda Berikut Ini

Lalu kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan sujud sahwi itu?

Sejumlah ulama menyebut jika sujud sahwi harus dilakukan sebelum salam, tapi sebagian membolehkan sujud sahwi dilaksanakan setelah sholat.

Menurut pandangan Ustaz Adi Hidayat, pendapat mengenai soal dua jenis sujud sahwi, itu sudah diriwayatkan oleh dua sahabat nabi yang sama-sama sahih.

Berikut bunyi hadistnya:

1. Sujud Sahwi sebelum Salam

“Setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali. Dimana beliau bertakbir disetiap posisi hendak sujud dan sujud sahwai dilakukan sebelum salam" HR Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570

2. Sujud Sahwi setelah Salam

"Dari sahabat nabi diketahui Rasulullah SWA mengimami lima rakaat dan ini menimbulkan pertanyaan apakah rakaat dalam sholat ditambah. Lalu Rasul bertanya balik, memang ada apa? Lantas sahabat menjawab mengenai Rasul yang melaksanakan sholat sebanyak lima rakaat dan Beliau menjawab jika dirinya hanya manusia biasa dan terkadang juga bisa lupa dengan jumlah rakaat shalat yang sudah dilaksanakan. Lalu Beliau melakukan sujud sebanyak dua kali" (HR Muslim)

BACA JUGA:Mbah Moen Ungkap 3 Sifat yang Menjadi Ancaman Dunia, Jangan Sampai Terjadi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: