Rencanakan Pembangunan 2024, Desa Sido Luhur Prioritaskan Sarana Olahraga dan PADes Lewat RKP

Rencanakan Pembangunan 2024, Desa Sido Luhur Prioritaskan Sarana Olahraga dan PADes Lewat RKP

Gafur/RU.ID- Desa Sido Luhur sukses menggelar Musrenbangdes TA 2024--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID - Meneruskan program Dana Desa untuk kesejahteraan masyarakat, Pemdes bersama BPD Desa Sido Luhur Kecamatan Padang Jaya menggelar Musyawarah Desa (Musrenbangdes) untuk anggaran tahun 2024.

Perencanaan serta susunan program ini berupa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk anggaran dalam 1 tahun tujuannya adalah melaksanakan program pemerintah desa yang tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat.

Tidak hanya itu saja, program yang disusun ini akan didokumentasikan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) selama 6 tahun.


Kepala Desa Sido Luhur, Ahmat Haryanto A.Md--

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sido Luhur, Ahmat Haryanto A.Md menjelaskan hari ini adalah Musyawarah desa yang melibatkan para tokoh, kadun dan RT untuk menentukan apasaja yang akan dilakukan melalui Dana Desa di tahun 2024.

"Kemauan warga untuk tahun depan memang sekala prioritas untuk pembangunan sarana Olahraga kepemudaan, Namun sifatnya tidak mutlak, artinya ada anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan yang lain seperti infrastruktur," ujarnya.


Camat Padang Jaya, Maman Suherman SSTP--

Kemudian, kata dia secara regulasi pihaknya juga belum mengetahui persis seberapa besar anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat. 

Padahal, selama ia memimpin di Desa Sido Luhur, ada anggaran yang tersedot untuk penanganan Covid-19. Artinya beberapa perencanaan yang masuk dalam RPJMDes belum semuanya bisa di cover oleh Pemdes Sido Luhur 


Pemaparan Program oleh Sekdes Sido Luhur--

Dikesempatan itu juga, Ahmat selaku Kepala Desa Sido Luhur mengaku pada Desember 2023 merupakan terahir dirinya menjabat sebagai kepala desa. Ia mengucapkan terimakasih dan memohon maaf apabila dalam program pembangunan desa masih banyak pekerjaan yang belum terlaksana dengan baik.

"Dua tahun terakhir ada titipan program dari Presiden Jokowi yang wajib dilaksanakan, diantaranya penanganan Covid-19 dan Ketahanan Pangan, dengan begitu kami meminta maaf apabila RPJMDes selama 6 tahun belum terealisasi sepenuhnya,"ucapnya.

Ditempat yang sama Camat Padang Jaya, Maman Suherman SSTP juga menyampaikan, dalam Musrenbang kali ini bukan hanya menentukan arah kebijakan pembangun fisik saja , akan tetapi juga menentukan arah kebijakan disemua bidang dan Sektor.

"APBDes 2024 harus disusun dan harus disahkan pada Desember harus selesai, kami apresiasi kepada pemdes telah melaksanakan kegiatan Musrenbangdes ini,"jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: