Daftar Terbaru 10 Negara Termiskin di Dunia untuk Tahun 2023

Daftar Terbaru 10 Negara Termiskin di Dunia untuk Tahun 2023

Daftar Terbaru 10 Negara Termiskin di Dunia untuk Tahun 2023--

RADARUTARA.ID- Setiap negara di seluruh dunia memiliki tingkat ekonomi yang beragam. Ada negara-negara yang dianggap memiliki ekonomi yang kuat atau kaya, sementara beberapa negara lainnya dianggap memiliki ekonomi yang lemah atau miskin.

Kaya-miskinnya sebuah negara biasanya dapat dilihat melalui beberapa indikator, salah satunya adalah Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita.

PDB per kapita merupakan total nilai ekonomi suatu negara dibagi dengan jumlah penduduknya, yang merupakan ukuran yang cukup tepat untuk melihat sejauh mana kesejahteraan ekonomi penduduknya.

Namun sayangnya, beberapa negara tergolong miskin berdasarkan indikator ini, karena memiliki PDB per kapita yang sangat rendah. Bahkan, beberapa di antaranya dianggap sebagai negara-negara paling miskin di dunia.

BACA JUGA:Ini 3 Tanggal Lahir Istri Sholehah, Pembawa Rezeki Untuk Keluarganya, Bikin Suami Makin Sayang

Berdasarkan data dari World Bank pada Sabtu (26/8/2023), negara paling miskin di dunia saat ini adalah Burundi, sebuah negara di Afrika Timur. PDB per kapita negara ini tercatat sangat rendah, hanya sekitar US$ 240 atau sekitar Rp 3,6 juta dalam kurs Rp 15.000/dolar AS.

Di posisi kedua terdapat Afghanistan dengan PDB per kapita sekitar US$ 390 atau sekitar Rp 5,85 juta. Pendapatan rendah negara Asia Tengah ini disebabkan oleh kurangnya infrastruktur dan tingkat korupsi yang tinggi.

Selanjutnya, Somalia juga tercatat dengan ekonomi yang lemah karena berbagai masalah yang dihadapinya dalam beberapa dekade terakhir. Pertumbuhan penduduk yang cepat telah memengaruhi kondisi kesehatan yang buruk serta ketidakstabilan dalam negara ini.

Tidak hanya itu, konflik internal yang berlarut-larut, kurangnya perkembangan, penurunan ekonomi, tingkat kemiskinan, ketidaksetaraan sosial dan gender, serta faktor lainnya juga turut memengaruhi. Sebagai hasilnya, PDB per kapita negara ini hanya sekitar US$ 470 atau sekitar Rp 7,05 juta.

BACA JUGA:Ternyata Ada Revisi Alot Terkait Aturan Larangan Jualan Online Barang Impor di Bawah Rp1.5 Juta

Berdasarkan data World Bank, ini daftar 10 negara paling miskin di dunia 2023:

1. Burundi (PDB per kapita Rp 3,6 juta)

2. Afghanistan (PDB per kapita Rp 5,85 juta)

3. Somalia (PDB per kapita Rp 7,05 juta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: