Kirun Ungkap Alasan Gus Dur Kenapa Sering Datang ke Makam Keramat, Ternyata ini yang Dicari

Kirun Ungkap Alasan Gus Dur Kenapa Sering Datang ke Makam Keramat, Ternyata ini yang Dicari

Kirun Ungkap Alasan Gus Dur Kenapa Sering Datang ke Makam Keramat, Ternyata ini yang Dicari--

Pada waktu, itu jawaban Gus Dur, atas pertanyaan Kirun memang tidak serius. Hingga suatu saat, menurut Kirun, suatu hari, tepatnya selang beberapa bulan Gus Dur menjelaskan mengapa sering mengajak Kirun ziarah.

"Pernah suatu hari saya dituruti sama beliau," ungkap Kirun di depan Jemaah.

“Mas Kirun. Sampean itu ndak usah bingung-bingung. Saya senang datang ke petilasan dan kuburan sebenarnya ada artinya,"

“Maksudnya nopo, Gus?” tanya Kirun.

“Maksudnya itu begini. Karena saya sering ke kuburan dan petilasan, maka otomatis orang-orang juga akan mengikuti. Secara perlahan juga ritual yang bukan syariat Islam akan hilang. Biar ndak keliru arah. Karena yang mendatangi semakin banyak. Biasanya akan membutuhkan tempat salat yang layak dan akan mendorong pembangunan masjid ataupun musala yang layak pakai," 

BACA JUGA:Beruntung, Kata Mbah Moen Punya Istri Cerewet Justru Bisa Membawa Rumah Tangga ke Surga, Ini Alasannya

“Oh. Begitu.”

"Bukan hanya tempat ibadah, namun perekonomian warga di sekitar kuburan maupun petilasan juga akan berubah, mulai dari pedagang minuman, makanan maupun dagangan lainnya. Sehingga bukan hanya sekedar berziarah ke makam, namun juga bisa ikut meningkatkan ekonomi masyarakat,"

Jadi alasan dibalik seringnya Gus Dur melakukan ziarah sudah dipikirkannya matang-matang, bukan hanya sekedar mengunjungi makam, namun ada ekonomi rakyat yang dipikirkan dan juga kelangsungan ibadah di daerah sekitar makam. 

Ini bisa dilihat dari banyaknya makam para alim ulama yang ramai dikunjungi masyarakat dan sekaligus mereka melaksanakan wisata religi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: