Viral di Medsos, Seorang Mujadid Akan Muncul di Tahun 2024, Apa Artinya? Cek Disini Selengkapnya

Viral di Medsos, Seorang Mujadid Akan Muncul di Tahun 2024, Apa Artinya? Cek Disini Selengkapnya

Viral di Medsos, Seorang Mujadid Akan Muncul di Tahun 2024, Apa Artinya? Cek Disini Selengkapnya--

RADARUTARA.ID - Menurut agama Islam, Mujaddid secara etimogi memiliki arti yaitu pembaharu, adalah seorang yang akan memperbaiki kerusakan serta mengembalikan umat Islam ke jalan agama yang benar.

Mujaddid akan memperbaiki penyimpangan yang terjadi dalam agama Islam, merekonstruksi sebuah sistem memperbaiki sekaligus membersihkan Islam dari praktek bid’ah, kurafat, serta bermacam kesesatan dan kemaksiatan yang sudah merajalela.

Rasulullah SAW menyampaikan akan lahir seorang Mujaddid setiap 100 tahun sekali atau 1 abad berdadarkan kalender Hijriyah dan biasanya muncul dari kalangan ulama, orang yang alim, dan juga cendikiawan muslim.

Menurut hadist Riwayat Abu Hurairah radhiyalahu’anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah mengutus untuk umat ini pada setiap pengunjung seratus tahun seseorang yang memperbaharui agamanya.” (HR. Abu Daud no. 4291).

BACA JUGA:Kisah Nyata dari Santri Habib Luthfi yang Mendadak jadi Jutawan Akibat Rutin Mengamalkan Ayat Ini

Ustaz Amru menyampaikan, saat bid’ah dan kemaksiatan tengah merajalela, Allah SWT akan mengutus para ulama di setiap abad untuk mengembalikan ummat Islam kepada jalan yang benar. Menegakkan kembali sunnah yang sudah terkikis dan pudar, dan ini adalah salah satu keistimewaan bagi ummat Nabi Muhammad SAW.

Ustaz Amru lanjut menerangkan, Mujaddid di setiap abad itu tidak harus satu orang, berdasarkan dengan hadits diatas dengan lafadz (مَنْ) yang berarti satu atau lebih. Imam Ibnu Hajar di antara ulama yang berpendapat seperti itu.

Apakah benar Sosok Mujaddid Akan Muncul Di Tahun 2024?

Saat ini, tengah ramai diperbincangkan mengenai Mujaddid yang akan muncul di tahun 2024, yang tak lepas dari sejarah mengenai masa keemasan Islam. Beberapa kalangan melihat bahwa masa pemerintahan Turki Utsmani sekitar tahun 1924 adalah berakhirnya masa keemasan bagi agama Islam.

Jika terhitung 100 tahun dari tahun 1924, maka akan tepat jatuh pada tahun 2024 nanti, yang dihububgjan akan kemunculan Mujaddid pada tahun tersebut. Wallahu a’lam  cuma Allah SWT yang tahu akan hal tersebut.

BACA JUGA:Habib Lutfi Ungkap Keistimewaan Siapa Saja yang Istiqomah Membaca Sholawat, Salah Satunya Buat Karir Meroket

Imam Suyuthi menuliskan satu kitab khusus yang membehas tentang para Mujaddid setiap abad yang berjudul "التنبئة بمن يبعث الله على رأس كل مئة".

 Ini dia Nama-nama Mujaddid Setiap Abad, diantaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: