Mengenal Wagra Syailendra, Maung Bodas Pengawal Prabu Siliwangi dari Gunung Kerinci

Mengenal Wagra Syailendra, Maung Bodas Pengawal Prabu Siliwangi dari Gunung Kerinci

Mengenal Wagra Syailendra, Harimau Putih Pengawal Prabu Siliwangi dari Gunung Kerinci--

RADARUTARA.ID - Legenda keberadaan pasukan harimau putih yang mendampingi Prabu Siliwangi hingga kini masih dipercaya banyak masyarakat. Namun siapa sangka, harimau putih yang sering disebut-sebut dengan nama Bodas itu awalnya berasal dari pulau Sumatera, tepatnya dari kerajaan jin yang ada di puncak Gunung Kerinci.

Diketahui, Gunung Kerinci sendiri merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung Kerinci berada di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, di Pegunungan Bukit Barisan.

Di gunung inilah, dahulu kala dan hingga kini masih terdapat sebuah kerajaan jin yang dihuni berbagai makhluk tak kasat mata dengan tingkat kesaktian yang mumpuni.

Namun demikian, dahulu kala pernah terjadi perseteruan (peperangan perebutan kekuasaan) di kerajaan ini hingga memaksa salah satu anak raja, yang bernama Wagra Syailendra memilih pergi dari pulau Sumatera melanglang ke dataran lain yang saat ini menjadi pulau Jawa. Hanya saja, saat itu pulau Sumatera dan pulau Jawa belum terpisah seperti saat ini.

BACA JUGA:Ini Sosok Asta Dewa, Jin Tertua di Tanah Jawa yang Memiliki Perjanjian dengan Syekh Subakir

Kepergian Wagra Syailendra bersama keempat anaknya yang diantaranya bernama Wagra Syailang dan Wagra Diagra ke tanah Jawa menemui Sanghyang Lohdaya.

Lantaran Wagra Syailendra dan Sanghyang Lohdaya sudah berteman lama, dengan senang hati, Sanghyang Lohdaya menerima kedatangan Wagra Syailendra dan anak-anaknya tersebut.

Bahkan, sebagai bentuk persahabatan keduanya, Sangyang Lohdaya memberikan tempat yang saat ini dikenal sebagai Curug Sawer yang berada di Sukabumi, tepatnya di Kawasan Pegunungan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Di lokasi inilah, Wagra Syailendra dipersilakan oleh Sanghyang Lohdaya untuk membangun keraton kerajaan jin.

Maka jangan heran, jika mendatangi tempat ini, bagi Anda yang memiliki ketajaman mata batin akan melihat ribuan pasukan harimau. Ini tak lain pasukan dari Wagra Syailendra.

Jika Wagra Syailendra berkenan menampakkan wujudnya, Anda akan melihat seekor harimau putih besar, dengan mata teduh penuh wibawa.

BACA JUGA:Mengenal Eyang Lawu, Putra Asta Dewa yang Terkenal Bijaksana

Lalu bagaimana kisahnya hingga Wagra Syailendra atau yang biasa dipanggil Bodas (dalam bahasa Sunda, Bodas berarti putih,red) menjadi pengawal Prabu Siliwangi?

Diketahui, Sanghyang Lohdaya adalah salah satu penguasa alam jin di tanah Pasundan yang memiliki keraton di Gunung Ciremai. Keberadaannya tak diragukan lagi sebagai salah satu pendamping terkuat Prabu Siliwangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: