Niat Sholat Jamak Taqdim, Kemudahan Allah untuk Umat Islam dalam Mengerjakan Sholat

Niat Sholat Jamak Taqdim, Kemudahan Allah untuk Umat Islam dalam Mengerjakan Sholat

Niat Sholat Jamak Taqdim, Kemudahan Allah Untuk Umat Islam Dalam Mengerjakan Sholat.--

RADARUTARA.ID -Salat merupakan suatu ibadah wajib yang dikerjakan oleh setiap umat muslim, Allah subhanahu wa ta'ala tidak akan pernah memberatkan hambanya untuk melaksanakan ibadah kepadanya.

Apabila kita sedang dalam suatu perjalanan atau suatu hal yang menyulitkan untuk mengerjakan salat, maka dalam Islam ada istilah salat jamak, yaitu mengerjakan dua salat dalam satu waktu. Salat jamak dapat dibedakan menjadi dua yaitu jamak taqdim dan takhir. Perbedaan antara keduanya yaitu terletak pada pengerjaannya dan lafaz niat yang dibaca.

Sohobahassurur Syamsi Jelaskan bahwa salat jamak takdim adalah sebuah keringanan untuk salat fardu yang dilakukan pada awal waktu.

Sebagai contoh yaitu menggabungkan salat zuhur dan salat asar pada waktu salat zuhur atau menggabungkan salat magrib dengan salat isya pada waktu magrib pada. Adapun untuk menggabungkan kedua shalat tersebut harus memenuhi beberapa syarat tersebut adalah.

BACA JUGA:Kyai Husaen Ilyas, Menantang Mitos Suami Dilarang Membunuh Hewan Saat Istrinya Hamil Anak Pertama

Dalam buku panduan salat Rasulullah 2 yang ditulis oleh Imam Abu Wafa menjelaskan bahwasanya syarat tersebut adalah seperti karena hujan dan takut, sedang dalam perjalanan, sakit dan, lemah atau kesulitan. Dalam hal tersebut Anas bin Malik menyebutkan Dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Rasulullah SAW menjamak sholat Dzuhur dan Ashar ketika beliau di tengah perjalanan dan juga menjamak antara sholat Maghrib dan Isya," (HR Bukhari)

Adapun tata cara untuk pelaksanaannya sama seperti salat pada umumnya, namun yang menjadi pembeda adalah hanya bacaan niat dan Setelah salam pada salat pertama, setelah salam dilanjutkan dengan salat kedua jumlah rakaatnya pun dikerjakan sama seperti biasa.

BACA JUGA:BPOM dan Ditreskrimsus Polda Riau Menyita Ribuan Kosmetik dan Obat Tradisional Ilegal Asal China di Batam

Adapun bacaan niat salat jamak taqdim adalah sebagai berikut:

1. Niat Sholat Jamak Taqdim Dzuhur dan Ashar

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِأربع رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع العَصْرِ اَدَاءً للهِ تَعَالى

Arab latin: Ushollii fardlozh zhuhri arba'a raka'aatin majmuu'an ma'al ashri adaa-an lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku sengaja sholat fardhu Dzuhur 4 rakaat yang dijamak dengan Ashar, fardu karena Allah Ta'aala,"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: