Bantu Sempurnakan Ibadah, Ini 6 Amalan yang Dianjurkan Pada 10 Muharram

Bantu Sempurnakan Ibadah, Ini 6 Amalan yang Dianjurkan Pada 10 Muharram

Bantu Sempurnakan Ibadah, Ini 6 Amalan yang Dianjurkan Pada 10 Muharram--

RADARUTARA.ID - Tanggal 10 Muharram menjadi salah satu hari yang palinb mulia bagi umat Islam, ada banyak amalan 10 Muharram yang bisa menjadi momentum dalam mengumpulkan pahala dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ditambah lagi, apabila sudah mengetahui bahwa banyak hal penting yang pernah terjadi pada hari tersebut, salah satunya seperti meninggalnya cucu Rasulullah SAW yang bernama Husein ketika perang Karbala. Lalu apa saja amalan yang bisa dilakukan di hari tersebut?

Untuk memperoleh banyak pahala, Allah SWT menyediakan bermacam cara mudah agar bisa dilakukan. Pada tanggal 10 Muharram, dapat dilakukan dengan bermacam amalan untuk mengumpulkan banyak pahala dan menjadi muslim yang lebih baik, diantaranya:

BACA JUGA:Mengenal Agoraphobia, Kondisi Gangguan Mental yang Dialami Sinead O'Connor Sebelum Meninggal Dunia

1. Puasa Tasu’a dan Asyura

Di tanggal 9 Muharram, memang disunnahkan untuk berpuasa Tasu’a sebagaimana Rasulullah SAW meniatkan diri untuk melakukan puasa tersebut.

Lalu pada tanggal 10 Muharram juga dianjurkan untuk berpuasa sunnah, niscara dosa selama satu tahun akan diampuni apabila melaksanakan puasa ini. 

 

2. Sedekah

Bersedekah adalah amalan 10 Muharram selanjutnya yang bisa dilakukan mulai dari pagi hingga malam hari. Berbeda dengan sedekah pada umumnya, akan lebih baik apabila memberikan sesuatu langsung ketika ada siapapun yang meminta.

Contohnya ketika bertemu seorang anak yang meminta uang untuk membeli makanan. Maka langsung saja diberikan, tanpa harus berpikir panjang atau memandang siapakah anak itu dan pikiran lainnya.

BACA JUGA:Penuh Daya Magis, Ternyata Ini Lirik Lagu Baby Shark yang Bisa Bikin Anak Tenang

3. Memberi Harta Untuk Keluarga

Berdasarkan hadits riwayat At-Thabarani dan Al-Baihaqi, bagi orang yang memberikan harta kepada keluarganya dan melapangkan keluarga di hari Asyura, niscaya memperoleh kelapangan rezeki hingga setahun setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: