6 Hewan Misterius yang Ada dalam Alquran, Muncul sebagai Tanda Kiamat Sudah Dekat

6 Hewan Misterius yang Ada dalam Alquran, Muncul sebagai Tanda Kiamat Sudah Dekat

6 Hewan Misterius yang Ada dalam Alquran dan Hadist--

RADARUTARA.ID - Sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru Islam 1445 Hijriah. Ini ditandai dengan masuknya tanggal 1 Muharram 1445 Hijriah yang jatuh pada tanggal 19 Juli 2023 mendatang. Sebagai refleksi keimanan dan menambah wawasan kita akan Islam, ada baiknya kita mengenal berbagai seluk beluk segala sesuatu yang ada dalam Alquran dan Hadist. Salah satunya, hewan-hewan disebutkan di dalam Alquran dan Hadist sebagai bentuk kebesaran Allah SWT, yang salah satunya muncul sebagai tanda kiamat sudah dekat.

Di berbagai belahan dunia, hewan-hewan memiliki keragaman yang berbeda-beda. Namun tak jarang, ada pula persamaan bentuk dan jenis yang ada.

Tak hanya itu, adapula makhluk-makhluk misterius yang dipercaya keberadaannya oleh suatu bangsa. Seperti halnya, jika di Indonesia dipercaya adanya burung garuda, naga di China dan lainnya.

Berikut 6 hewan misterius yang disebut dalam Alquran dan hadist.

1. Burung Ababil

Burung ini bukanlah spesies burung yang ada di Bumi. Burung Ababil adalah burung yang diciptakan secara khusus oleh Allah SWT dengan kekuatan yang melampaui kekuatan burung pada umumnya.

Disebutkan, burung Ababil memiliki warna yang beragam, hitam, putih dan hijau. Selain itu, banyak yang mengisahkan bentuk burung ini mirip seperti burung walet dan balsan.

Burung Ababil yang didatangkan oleh Allah SWT dari arah laut ini dikirim untuk melawan tentara gajah yang dipimpin oleh Abroha yang ingin menghancurkan Ka'bah, sebagaimana disebutkan dalam Alquran tepatnya dalam surat Al Fill, yang artinya:

  • "Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?"
  • "Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia?"
  • "dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong."
  • "yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar"
  • "lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)." 

2. Al Jassasah

Menurut tafsir dari Imam Al-Qurtubhi, Al Jassasah berarti "mata-mata". Dikatakan demikian karena Ia selalu mengintai kabar untuk disampaikan kepada Dajjal.

Bahkan, menurut hadist shahih, Al Jassasah ini pernah dilihat langsung oleh sahabat nabi Muhammad SAW yang bernama Tamim ad-Dari.

Menurut Tamim, bentuk Al Jassasah memiliki bulu lebat di sekujur tubuhnya dengan warna putih kecoklatan. Bulu dari hewan ini cenderung kaku dan aneh.

Saking lebatnya bulu hewan ini, sampai susah dibedakan mana bagian muka dan mana bagian belakangnya.

Ketika bertemu dengan Tamim di suatu pulau, hewan ini ternyata bisa berbicara. Al Jassasah pun memerintahkan sahabat nabi untuk menuju suatu tempat di pulau itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: