Pemdes Air Pandan Tuntaskan Pembangunan Dana Desa Tahap 1 Tahun Anggaran 2023

Pemdes Air Pandan Tuntaskan Pembangunan Dana Desa Tahap 1 Tahun Anggaran 2023

Pemdes Air Pandan Tuntaskan Pembangunan Dana Desa Tahap I TA 2023--

PUTRI HIJAU, RADARUTARA.ID- Pemerintah Desa Air Pandan, Kecamatan Putri Hijau telah berhasil menuntaskan program pembangunannya di tahap I TA 2023.

Tuntasnya pekerjaan tahap I bersumber dari dana desa (DD), ini dibuktikan melalui beberapa hasil pembangunan yang saat ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat. Diantaranya capaian bangunan yang sudah dituntaskan adalah pembuatan TPT yang berlokasi di dusun II dengan volume 26 meter.

Program ketahanan pangan desa baik di sektor hewani maupun nabati yang meliputi pemberian bibit ayam, bibit bebek, bibit ikan lele dan bibit sayuran. Selain, itu kegiatan lain yang bersumber dari dana Silpa TA 2022 berupa pembangunan bak sampah untuk 9 titik fasilitas umum (Fasum).

Kades Air Pandan, Sugio, mengatakan. Bahwa seluruh program kerjanya yang bersumber dari DD tahap I telah berhasil dituntaskan dan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Pembangunan yang kita danai di tahap I semuanya sudah tuntas," ungkap Kades.

BACA JUGA:BPOM Rilis Nama Obat Tradisional Pemicu Kerusakan Ginjal dan Hati, Ada Obat Kuat dan Obat Sakit Gigi

BACA JUGA:KUR BRI Bakalan Ada Lagi, Segera Siapkan Persyaratan Berikut Ini

Sugio menambahkan, dalam pengelolaan DD tahap I, ini pihaknya juga tengah berupaya mengoptimalkan ketahanan pangan kepada masyarakatnya. Dimana pada program ketahanan pangan yang didukung lewat DD, ini desa berupaya fokus kepada sektor hewani dan nabati.

"Program ketahanan pangan sengaja kita upayakan di tahap I. Agar dalam waktu yang tidak terlalu lama, program ketahanan pangan kita yang meliputi budidaya ayam sebanyak 415 ekor untuk 83 KK, bebek sebanyak 170 ekor untuk 34 KK, ikan lele kita berikan 1.000 ekor/KK dan bibit sayuran bisa produksi," pintanya.

Selain berusaha optimal dalam pembangunan infrastruktur dan ketahanan pangan, ditambahkan Sugio, pada pengelolan TA 2023 ini. Desa juga berupaya fokus kepada upaya pencegahan dan penanganan stunting.

"Anggaran yang kita miliki tahun ini sebagian juga kita alokasikan untuk mendukung upaya pencegahan dan penanganan stunting. Insya Allah sesuai hasil rembuk stunting yang sebelumnya sudah kita laksanakan di tingkat desa. Kedepan perhatian dan dukungan terhadap upaya pencegahan dan penanganan stunting akak lebih kita optimalkan," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: