Ketahui 6 Fakta Unik Suku Mante, Suku Pedalaman Aceh yang Keberadaannya Masih Misterius

Ketahui 6 Fakta Unik Suku Mante, Suku Pedalaman Aceh yang Keberadaannya Masih Misterius

Ketahui 6 Fakta Unik Suku Mante, Suku Pedalaman Aceh yang Keberadaannya Masih Misterius--

RADARUTARA.ID - Suku mante merupakan suku pedalaman di Indonesia yang masih sangat terasing. Suku ini disebut sebagai suku asli dari Aceh yang masih menjadi misteri dan teka teki. Karena keberadaan mereka sampai sekarang ini belum diketahui.

Akan tetapi, ada salah seorang yang tidak sengaja merekam ketika makhluk mirip manusia itu muncul yang diduga sebagai salah satu suku Mante.

Kejadian itu diunggah pada media sosial dan sempat viral beberapa waktu lalu. Makhluk yang diduga Suku Mante itu tampak berlari sangat cepat, bertubuh mungil, dan berusaha menghindari manusia yang diluar dari kelompoknya.

BACA JUGA:Ini Deretan Artis Cantik yang Pernah Terseret Kasus Video Syur, Nomor 4 Gak Nyangka Banget

BACA JUGA:Resep Seblak Coek Mamang Rafael Sang Duta Seblak, yang Wajib di Recook

Untuk membahas lebih lanjut, berikut ini 6 fakta menarik tentang Suku Mante di Aceh.

 

1. Asal usul Suku Mante

Fakta pertama, Mante sebenarnya dibaca dengan kata Mantir. Jika dari sejarah, kebudayaan ini adalah cikal bakal munculnya rakyat Aceh yang diketahui hingga saat ini.

Dari rumor yang beredar, rumornya Mante merupakan nenek moyang orang Aceh, satu kelas dengan suku Lanun, Senoi, Jakun, Sakai, serta suku Semang yang berada di Aceh. Suku-suku ini adalah keturunan Melayu Proto.

Tak hanya itu, suku ini juga diklaim sudah ada sejak zaman Kerajaan Aceh, dan masih satu garis keturunan dengan Suku Melayu. Lalu suku ini dianggap manusia purba, pasalnya keberadaannya yang hampir tidak pernah terlihat ratusan tahun lamanya. 

Bahkan, ada beberapa ahli menganggap mereka sudah punah. Suku Mante pertama kali diperkenalkan oleh Dr Snouck Hurgronje dalam bukunya yang berjudul De Atjehers. Dia mengartikan, Mante merupakan istilah untuk tingkah seseorang yang bodoh dan kekanak-kanakan. Akan tetapo Snouck sendiri mengaku belum pernah bertemu dengan Suku Mante.

 

2. Ciri-ciri fisik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: