Jadi Ladang Pahala dan Keberkahan, Ini 7 Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah

Jadi Ladang Pahala dan Keberkahan, Ini 7 Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah

Jadi Ladang Pahala dan Keberkahan, Ini 7 Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah--

RADARUTARA.ID - Hari Jum’at adalah hari yang baik bagi umat muslim pasalnya Jum’at memiliki banyak keistimewaan. Hal ini disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Keistimewaan tersebut juga ditegaskan dalam sebuah hadis riwayat Muslim dan Tirmidzi.

"Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Nah, kali ini radarutara.id akan sajikan 7 amalan di hari Jumat yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

 

1. Membersihkan Diri

Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat". (HR. Bukhari)

Berdasarkan hadis diatas, maka kita sebagaj umat muslim dianjurkan untuk membersihkan diri dengan mandi sunah ketika ingin melakukan salat Jumat. Tak sampai disitu, dianjurkan pula untuk menggunakan minyak wangi, membersihkan kuku, serta memotong rambut.

BACA JUGA:Ini Doa yang Bisa Kamu Panjatkan Jika Ingin Hajat Cepat Terkabul

BACA JUGA:Inilah Doa Nabi Sulaiman yang Harus Rutin Diamalkan, Doa Pendek Penarik Rezeki

2. Sholat Jum’at

Untuk seorang laki-laki muslim, salah satu kewajiban yang harus dipatuhi ketik hari Jumat yaitu salat Jumat. Amalan wajib ini disampaikan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

"Jumat adalah kewajiban bagi setiap Muslim secara jamaah kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimiliki, perempuan, anak kecil dan orang sakit". (HR. Abu Daud)

Maka dari itu, jika meninggalkan salat Jumat sebanyak tiga kali, maka orang tersebut masuk dalam golongan fasik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: