Realisasikan Dana Desa Tahap II, Pemdes Lubuk Mindai Bangun Gedung TPQ

Realisasikan Dana Desa Tahap II, Pemdes Lubuk Mindai Bangun Gedung TPQ

Realisasikan Dana Desa Tahap II, Pemdes Lubuk Mindai Bangun Gedung TPQ--

KETAHUN, RADARUTARA.ID- Penyerapan dana desa (DD) tahap II TA 2023 berhasil dilaksanakan oleh Pemdes Lubuk Mindai, Kecamatan Ketahun.

Praktis, dalam realisasi DD tahap II tahun, ini Pemdes Lubuk Mindai memfokuskan dukungan kegiatannya kepada pembangunan fasilitas pendidikan di tingkat desa berupa gedung taman pendidikan Al-quran (TPQ) yang diawali dengan pelaksanaan titik nol bersama jajaran Tripika Kecamatan Ketahun pada Selasa (6/6), hari ini.

Ditargetkan, kehadiran bangunan fasilitas pendidikan non formal di bidang keagamaan ini dapat berkontribusi dalam memberikan pengajaran dalam membaca Al-quran sejak dini kepada anak-anak usia dini atau sekolah dasar di lingkungan desa.

"Dalam penyerapan DD tahap II, ini kita fokuskan kegiatan fisik kita untuk membangun gedung TPQ. Dan Alhamdulillah, har ini kita telah mengawali pembangunan gedung TPQ tersebut dengan melaksanakan kegiatan titik nol yang turut disaksikan langsung oleh jajaran Tripika di Kecamatan Ketahun," ungkap Plt Kades Lubuk Mindai, Derwahidin.


Realisasikan Dana Desa Tahap II, Pemdes Lubuk Mindai Bangun Gedung TPQ--

Ditegaskan Derwahidin, pembangunan fasilitas gedung TPQ yang didanai oleh DD TA 2023 di desanya, ini merupakan hasil ketetapan musyawarah bersama masyarakat dalam rangka mendukung jalannya kegiatan pendidikan non formal jenis keagamaan Islam di tingkat desa kepada anak-anak usia dini.

Diharapkan, setelah gedung TPQ ini nantinya berhasil dibangun. Seluruh anak-anak usia dini di tingkat desa dapat menjalankan kegiatan pendidikan non formalnya dengan layak dan nyaman.

"Semoga dengan terbangunnya fasilitas TPQ, ini nanti. Anak-anak usia dini kita yang ada di desa bisa mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak dan nyaman," imbuhnya.

Selebihnya Derwahidin, mengatakan. Bahwa selain fokus kepada pembangunan fisik. DD yang diserap oleh desa pada TA 2023, ini juga dialokasikan untuk mendukung jenis program pembangunan lainnya seperti sektor pemberdayaan masyarakat, program ketahanan pangan, pencegahan stunting dan beberapa program turunan lainnya.

"Untuk di sektor pemberdayaan, ketahanan pangan, pengendalian stunting, BLT-DS dan lain sebagainya juga kita alokasikan. Mudah-mudahan, dukungan yang kita berikan kepada masing-masing sektor ini dapat memberi dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa," pintanya.(Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: