Mengenal Daerah Paling Ujung di Indonesia, Lengkap dengan Keunikannya, Simak Disini

Mengenal Daerah Paling Ujung di Indonesia, Lengkap dengan Keunikannya, Simak Disini

Mengenal Daerah Paling Ujung di Indonesia, Simak Disini--

RADARUTARA.ID - Sudah tahukah kamu tentang titik-titik paling ujung kepulauan di Indonesia? Jika belum tahu, ada baiknya kamu menyimak ulasan artikel kali ini.

Kamu pasti tidak asing dengan lagu Dari Sabang Sampai Merauke. Siapa sangka kalau Sabang dan Merauke ternyata nama kota paling ujung di Kepulauan Indonesia?

Bila ujung paling barat dan timur Indonesia dijadikan lagu, lantas titik paling ujung utara dan selatan ada di pulau mana? Berikut ulasan mengenai titik-titik paling ujung kepulauan Indonesia.

 

1. Titik paling utara

Titik paling utara Indonesia bukan terletak di daerah Sulawesi Utara yang berbatasan langsung dengan Filipina, melainkan Pulau Rondo. Lebih tepatnya, terletak di Pulau Rondo, Kecamatan Sukakarya, Kota Serang, Provinsi Aceh. Pulau Rondo terletak di 16°4′30″ Lintang Utara dan 95°6′45″ Bujur Timur. Pulau Rondo tidak berpenghuni dan hanya dijaga oleh Pos Tentara Nasional Indonesia (TNI).

BACA JUGA:Miliki 1,2 Juta Subscribe, Kanal YouTube Habib Ja'far Belum Adsense, Ini Alasannya

BACA JUGA:Niat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis: Arab, Latin, dan keutamaannya

2. Titik Paling Timur

Titik paling timur Indonesia adalah Muara Torasi yang terletak di Kampung Kondo, Kecamatan Naukenjerai, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Secara geografis, Muara Torasi terletak di 9°07′43″ LS 141°1′10″ BT. Sebagai wilayah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini, muara ini dijaga ketat.

 

3. Titik paling selatan

Bagian paling selatan Indonesia adalah Pulau Panama. Pulau ini terletak pada koordinat 11°00′36″ Lintang Selatan dan 122°52′37″ Bujur Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: