Fenomena El Nino Landa Indonesia, Berikut Penjelasan dan Dampak yang Ditimbulkan

Fenomena El Nino Landa Indonesia, Berikut Penjelasan dan Dampak yang Ditimbulkan

Dampak fenomena El Nino terutama di bidang pertanian--

RADARUTARA.ID- Sebagian besar masyarakat saat ini seperti sudah akrab dengan istilah fenomena El Nino yang berhubungan dengan cuaca panas dan tergolong panas ekstrem.

Hal ini karena kondisi panas ekstrem ini sudah hampir merata di seluruh Indonesia dan menjadi keluhan di seluruh wilayah.

 

Tapi sebenarnya kamu tahu tidak arti dari fenomena El Nino? Yang digadang-gadang bisa berimbas pada kondisi di dunia. Bahkan dampak dari fenomena El Nino ini sendiri diperkirakan cukup besar.

BACA JUGA:Masyarakat Diminta Bersiap Hadapi Fenomena El Nino, Berikut Daftar Daerah Terancam Kekeringan Paling Parah

Untuk diketahui El Nino merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia.

Singkatnya, El Nino memicu terjadinya kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum. Dan ditahun 2023 ini diperkirakan akan terjadi di bulan Agustus mendatang dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

 

Sedangkan, La Nina adalah fenomena yang berkebalikan dengan El Nino. Ketika La Nina terjadi, Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya.

Pendinginan SML ini mengurangi potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum.

Selama periode El Nino, terjadi perubahan aliran angin dan distribusi suhu di atmosfer. Dampaknya dapat meluas ke seluruh dunia dan mempengaruhi cuaca dan iklim di berbagai daerah. 

Dalam sektor pertanian, El Nino memberikan dampak yang cukup besar dan dapat menjadi tantangan besar karena dapat mengganggu pola cuaca yang berdampak pada produksi pertanian dan kesejahteraan petani.

Oleh karena itu, pemantauan dan pemahaman yang baik tentang El Nino sangat penting agar dapat mengambil langkah-langkah pencegahan dan penyesuaian yang tepat untuk mengurangi dampaknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: