Umat Muslim Harus Tahu, Adab dan Bacaan Doa Saat Berada di Masjid Nabawi

Umat Muslim Harus Tahu, Adab dan Bacaan Doa Saat Berada di Masjid Nabawi

Bacaan Doa Masuk Masjid Nabawi--

RADARUTARA.ID- Video viral belakangan ini mengenai kritikan Imam Masjid Nabawi terhadap jemaah asal Indonesia yang hobi selfi dan dikatakan berbohong saat melaksanakan ibadah di tanah suci, menjadi perbincangan hangat di semua pihak.

karena harus diakui, perkataan sang imam memang benar adanya dan hampir sebagian besar jemaah asal Indonesia yang melaksanakan ibadah di tanah suci, selalu menyempatkan diri untuk berselfi. Baik di dalam bangunan masjid maupun berada di tempat-tempat tertentu dan seperti sudah menjadi kebiasaan.

BACA JUGA:Imam Masjid Madinah Sindir Kebiasaan Jemaah Indonesia yang Doyan Selfie

Tapi sebenarnya memang ada aturan dan adab yang harus kita lakukan jika akan mengunjungi rumah Allah, baik di tanah suci maupun yang ada di wilayah manapun. 

Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW setelah Masjid Quba ketika dalam perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah. Masjid Nabawi menjadi tempat istimewa bagi umat muslim, bahkan ada doa ketika masuk ke dalamnya.

Terletak di Kota Madinah, Masjid Nabawi menjadi tempat bersejarah yang ditinggali Nabi Muhammad SAW ketika memimpin umat Islam selama bertahun-tahun. Bahkan dijelaskan bahwa di Masjid Nabawi terdapat makam Rasulullah SAW dan para sahabat-sahabat Nabi. Masjid ini juga menjadi salah satu tujuan utama para jamaah haji dan umroh untuk melakukan ibadah.

Sebelum berkunjung ke Masjid Nabawi, pahami bacaan doa masuk Masjid Nabawi dan adab yang harus dilakukan berikut.

Mengutip dari buku Fiqih Sunnah 3 karya Sayyid Sabiq berikut bacaan doa masuk Masjid Nabawi:

 

أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

 

Latin: A'udzu billahil-'azhimi wa bi wajhihil-karimi wa sulthanihil-qadimi min asy-syaithani ar-rajimi, bismillahi Allahumma shalli 'ala Muhammadin wa alihi wa sallim. Allahumma igfir li dzunubi wa-ftah li abwaba rahmatika.

 

Artinya: "Hamba berlindung kepada Allah yang Maha Agung, kepada wajah-Nya yang Mulia, dan kepada kekuasaan-Nya yang Mahadahulu, dari setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah; ya Allah, curahkanlah shalawat dan salam kepada Muhammad beserta keluarga Beliau. Ya Allah, ampunilah dosa-dosa hamba dan bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu untuk hamba."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: