Coba Periksa Sekarang, Siapa Tahu Anabul Kamu Bisa Jadi Pendonor Darah

Coba Periksa Sekarang, Siapa Tahu Anabul Kamu Bisa Jadi Pendonor Darah

Proses pendonoran darah kucing ternyata lebih rumit--

RADARUTARA.ID- Ternyata kucing juga bisa menjadi pendonor darah seperti layaknya manusia, hanya saja memang ada beberapa prosedur yang harus dilakukan agar donor darah ini bisa dilakukan.

Dokter hewan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) Supratikno membenarkan bahwa kucing bisa melakukan donasi darah. Hanya saja memang prosedurnya memang lebih rumit.

Menurutnya, ukuran tubuh yang kecil dan temperamen kucing yang susah dikendalikan akan menyulitkan proses pengambilan darah.

Karena itu, kucing harus dalam keadaan terbius atau diberi obat penenang saat memberikan atau menerima donasi darah. Selain itu, perlu ada kecocokan golongan darah antara pendonor dan resipien.

BACA JUGA:Kamu Mesti Tahu, Ternyata Anabul Juga Memiliki Golongan Darah Loh

 

Senada, dokter hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana Kupang Aji Winarso membenarkan bahwa kucing dapat mendonasikan darahnya. Namun, hanya dalam situasi khusus saja.

"Untuk kucing tidak perlu mendonasikan darah rutin agar mendapatkan manfaat kesehatan seperti manusia, secara alamiah tidak perlu kok," ujarnya.

Menurutnya, kucing memerlukan darah saat mengalami kasus kurang darah atau pendarahan hebat.

Tindakan transfusi darah ini juga jarang dilakukan. Bahkan, mungkin lebih sering dilakukan pada anjing daripada kucing.

"Kalau dirasa sangat mendesak saja dan perlu effort untuk cari donor," lanjutnya.

 

Donasi darah sulit dilakukan

Aji mengungkapkan, transfusi darah pada kucing jauh lebih sulit dilakukan daripada transfusi darah pada manusia. Salah satunya karena harus ada donasi yang sesuai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: