Ingin Pahala Berlipat Ganda? Berikut Keutamaan Menikahi Janda

Ingin Pahala Berlipat Ganda? Berikut Keutamaan Menikahi Janda

Ingin Pahala Berlipat Ganda? Menikahi Janda Solusinya--

RADARUTARA.ID - Setidaknya ada 8 keutamaan menikahi janda di dalam Islam. Dalam agama Islam, seorang janda seharusnya disantuni dengan memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Hal ini tentu berlaku bagi janda yang kekurangan secara materi.

Menyantuni janda memang tidak melulu harus menikahinya. Namun kalaupun ingin menikahi janda, berikut adalah 8 keutamaan menikahi janda di dalam Islam, sebagaimana telah RADARUTARA.ID rangkum.

1. Meneladani Rasulullah

Rasulullah SAW merupakan teladan bagi seluruh umat Islam di penjuru dunia. Salah satu hal yang bisa diteladani dari Rasulullah adalah tindakannya dalam menikahi janda dengan tujuan untuk memuliakannya.

BACA JUGA:Selain Kampung Janda, Indonesia Juga Punya Kampung Lain yang tak Kalah Unik loh

Tindakan ini bisa dicontoh apabila dinilai akan menghadirkan manfaat dan tujuan yang baik. Mengingat, Rasulullah SAW tidak pernah membeda-bedakan manusia dari status sosialnya.

2. Janda punya anak yatim

Seorang anak yatim yang ditinggalkan oleh ayahnya karena meninggal dunia,  merupakan kategori yang wajib kita tolong.

Berarti kewajiban pertama adalah menikahi ibunya yang janda terlebih dahulu, agar bisa menggantikan kedudukan suami untuk menafkahi keluarga.

BACA JUGA:Ini Alasan Janda Suka Pria yang Lebih Muda, Nomor 4 Bikin Kaget

Hal ini dijelaskan dalam hadits yang dijelaskan oleh Sahl Ibnu Sa’ad berdasarkan sabda dari Rosulullah:

“Kedudukanku dan orang yang menanggung anak yatim di surga bagaikan ini.”   [Beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya, namun beliau regangkan antara keduanya]. (HR. Bukhari no. 5304).

3. Menikahi janda adalah anugrah

Pilihan menikahi seorang janda dikategorikan sebagai berkah dan juga membawa anugrah dalam hidup. Apalagi jika niat tersebut ingin melindungi dari fitnah maupun hal buruk yang mungkin bisa terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: