Susul Taiwan, Kini Giliran Malaysia Ikut Tarik Indomie Rasa Ayam Spesial

Susul Taiwan, Kini Giliran Malaysia Ikut Tarik Indomie Rasa Ayam Spesial

Susul Taiwan, Kini Giliran Malaysia Tarik Indomie Rasa Ayam Spesial --

"Kementerian Kesehatan memerintahkan pabrik untuk menarik secara sukarela mi instan yang kedaluwarsa pada 25 Agustus 2023 dari pasar lokal," ucap Radzi.

BACA JUGA:Jasa Cium Ketek Digaji Rp65 Juta Perbulan, ini Deretan Pekerjaan Nyeleneh Dengan Bayaran Selangit

Sebagai informasi tambahan, Malaysia sebelumnya pernah menarik produk Mie Sedaap dari Indonesia karena adanya etilen oksida pada 2022.

Setelah dilakukan pemantauan dari 2022 sampai sekarang terhadap 36 sampel mi instan berbagai merek di pasar lokal, Malaysia menemukan 11 sampel produk Mie Sedaap mengandung etilen oksida.

Penindakan yang dilakukan meliputi denda, tindakan pengadilan, dan penarikan produk.

Radzi turut menyampaikan, kementeriannya melalui Divisi Keamanan dan Mutu Pangan melakukan pemantauan keamanan pangan secara terus menerus terhadap produk pangan yang dijual di pasar lokal, termasuk yang diimpor.

 

Menanggapi ditariknya Indomie Rasa Ayam Spesial dari Taiwan, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang buka suara. Ia mengatakan, pihaknya selalu mengikuti persyaratan yang ditentukan oleh negara pengimpor sebelum mengirim produk.

Hal ini sesuai dengan prinsip perusahaannya. Bahkan, lanjut dia, pihaknya juga patuh akan persyaratan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh BPOM.

"Pada prinsipnya kita mengikuti prasyarat dan ketentuan BPOM dan juga standar badan kesehatan negara pengimpor," ujar Franciscus Welirang, Selasa (25/4/2023).

 

Fakta bahwa produk Indomie yang ditarik di Taiwan adalah produk impor dari Indonesia membuat Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Badan POM (BPOM) harus segera melakukan audit dan investigasi atas penemuan Depkes Taipei tersebut. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: