Jika Manusia Ini Sudah Masuk Surga, Penghuni Neraka Akan Menangis Selamanya

Jika Manusia Ini Sudah Masuk Surga, Penghuni Neraka Akan Menangis Selamanya

Jika Manusia Ini Sudah Masuk Surga, Penghuni Neraka Akan Menangis Selamanya--

RADARUTARA.ID - Surga merupakan tempat yang penuh dengan kesenangan sebagai balasan dari Allah untuk hamba-hambanya yang beriman. Sedangkan neraka merupakan tempat penuh siksaan dan kesengsaraan yang merupakan balasan bagi umat manusia yang ingkar. Lalu apakah setiap orang Islam akan masuk surga?

Kali ini kita akan membahas tentang sebuah kisah manusia terakhir yang masuk kedalam surga.

Diriwayatkan, bahwa juhainah merupakan penduduk surga yang paling rendah derajatnya. Dia adalah orang terakhir yang keluar dari neraka, ketika namanya dipanggil maka menangislah penduduk neraka.

Sebagaimana nabi Muhammad SAW :

"Orang terakhir yang masuk surga adalah seseorang dari suku juhainah yang dipanggil Juhainah. Lalu penduduk surga berkata, ‘Juhainah memiliki berita yang dapat dipercaya (mengenai mukmin yang masuk neraka.)” (HR Al-Khotib).

Juhainah adalah salah satu orang yang beriman namun ia harus disiksa terlebih dahulu di dalam neraka karena ia telah melakukan banyak dosa. Lalu mengapa penghuni neraka menangis ketika nama Juhainah dipanggil? Ini karena jika orang terakhir yang masuk surga telah dipanggil maka tidak akan ada lagi harapan untuk mereka bisa masuk surga.

Hal ini juga terdapat dalam hadist riwayat Muslim tentang orang yang terakhir masuk surga

"Sungguh ‘Aku tahu seorang penduduk neraka yang paling akhir keluar darinya, seorang penduduk surga yang paling akhir masuk ke dalamnya. Dialah seorang lelaki yang keluar dari neraka dengan merangkak. Maka, Allah berkata kepadanya, ‘Pergilah, masuklah engkau ke dalam surga’,"

Orang tersebut kemudian kembali dan mengatakan kalau surga telah penuh, Allah SWT mengatakan ‘Pergilah, masuklah engkau ke dalam surga!’.

Namun ia kembali lagi dan mengatakan kalau surga telah penuh. Hingga Allah SWT akhirnya mengatakan ‘Pergilah, masuklah ke dalam surga! Sesungguhnya engkau memiliki semisal dunia dan sepuluh kalinya, atau engkau memiliki sepuluh kali dunia’. Nabi Saw bersabda, ‘Laki-laki itu berkata, ‘Apakah Engkau memperolok-olok aku, padahal Engkau adalah Raja?

Dari Abdullâh bin Mas’ûd r.a berkata bahwa nabi Muhammad tertawa dan bersabda. 'Orang ini adalah penduduk surga yang paling rendah derajatnya’.

 

manusia terakhir yang masuk surga, penghuni neraka menangis, juhainah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: