7 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara yang Sarat Makna

7 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara yang Sarat Makna

7 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara--

RADARUTARA.ID - Lebaran menjadi momen yang paling dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia. Dapat dikatakan, Idul Fitri adalah hari kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan penuh.

Setiap negara memiliki tradisi yang berbeda dalam menyambut Lebaran, termasuk di Indonesia. Biasanya, masyarakat tanah air menyambut momen Lebaran dengan perayaan halal-bi halal atau berkumpul bersama keluarga besar.

Selain itu, ada berbagai jenis makanan khas Lebaran yang bisanya disajikan, seperti ketupat, opor ayam, dan lainnya. Hal yang dinantikan lainnya adalah pemberian tunjangan hari raya (THR). Tradisi ini sudah menjadi ciri khas dan dapat Anda rasakan hanya pada momen Lebaran.

Lalu, bagaimana Lebaran di negara lainnya? Yuk, simak bersama … tradisi Lebaran di berbagai negara.

 

1. Arab Saudi

Berbeda dengan negara kita, di Arab Saudi saat lebaran Idul Fitri tiba mereka akan mengadakan pertunjukkan seni seperti pagelaran teater, pembacaan puisi, parade musik, tari dan bermacam-macam seni lainnya.

Di Arab Saudi, setelah melaksanakan sholat idul fitri, mereka makan bersama keluarga dan  mendatangi setiap rumah saudara dan tetangga nya. Waah seru ya!

 

2. Turki

Satu hal yang unik jika berlebaran di negara Turki adalah festival gula atau seker bayram yang juga merupakan sebutan lain dari Hari Raya Idul Fitri.

Pada perayaan tersebut, orang-orang akan mengenakan pakaian khas bernama Bayramlik. Mereka juga akan mengantarkan manisan ke rumah-rumah tetangga terdekat setelah melakukan sungkeman.

 

3. China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: