Diprediksi Lebaran Idul Fitri Tahun ini Berpotensi Dirayakan Berbeda

Diprediksi Lebaran Idul Fitri Tahun ini Berpotensi Dirayakan Berbeda

Diprediksi Lebaran Idul Fitri Tahun ini Berpotensi Dirayakan Berbeda--

RADARUTARA.ID- Seperti tahun-tahun sebelumnya, momen lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah kali ini juga akan dirayakan dihari yang berbeda. Dimana Muhammadiyah memutuskan lebaran jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023.

Hal tersebut tercantum dalam maklumat PP Muhadiyah tentang penetapan hasil hisab ramadhan syawal dan zulhidja 1444 H.Berdasarkan Maklumat tersebut 1 ramadhan jatuh pada hari Kamis, 23 maret 2023 yang artinya 1 syawal  1444 H jatuh pada hari Jum’at 21 April 2023 mendatang.

BACA JUGA:Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal Digelar 20 April, Kemenag Pantau Hilal di 123 Titik

Sementara rencananya Kementerian Agama (Kemenag) baru akan menggelar sidang isbad penetapan 1 syawal 1444 H atau lebaran Idul Fitri, ditangga 20 April tahun 2023 dan akan dipusatkan di 123 titik di seluruh Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamarudin Amin mengatakan, dalam kalender Hijrah 20 April 2023 bertepatan pada 29 ramadhan 1444H. Nantinya Kemenag juga akan mengundang beberapa pihak dalam sidang isbad penetapan 1 syawal 1444H. Mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga organisasi-organisasi masyarakat atau Ormas Islam.

Kamarudin Ami mengatakan, ada potensi perbedaan waktu Idul Fitri pada tahun ini,oleh karena itu ia meminta agar semua pihak untuk menunggu hasil sidang isbad Idul Fitri 1444H.

"Kami harap semua umat muslim bisa bersabar dan menunggu keputusan sidang isbat terlebih dahulu," tutupnya.

BACA JUGA:Mobil Gindha Ansori Wayka Ternyata Pernah Tabrak Lari Pejalan Kaki Hingga Meninggal

Namun, hari apapun yang nantinya akan ditetapkan untuk Lebaran Idul Fitri 1444 H, kami berharap kita selaku umat muslim bisa bersabar dan memaknai arti kemenangan yang sesungguhnya, serta tetap memperbanyak ibadah agar senantiasa terlindungi oleh yang kuas. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: