Program Ketahanan Pangan, sekaligus BLT-DD Periode Januari-Maret TA 2023 di Pagardin Telah Direalisasikan

Program Ketahanan Pangan, sekaligus BLT-DD Periode Januari-Maret TA 2023 di Pagardin Telah Direalisasikan

Program Ketahanan Pangan sekaligus BLT-DD Periode Januari-Maret TA 2023 di Pagardin Telah Direalisasikan --

ULOK KUPAI, RADARUTARA.ID- Program ketahanan pangan sekaligus BLT-DD periode bulan Januari, Februari dan Maret TA 2023 di Desa Pagardin, Kecamatan Ulok Kupai telah direalisasikan.

Sesuai perencanaan awal, program ketahanan pangan di Desa Pagardin, ini difokuskan kepada dua sektor skala prioritas yang meliputi sektor hewani dan nabati.

Dimana menurut data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh RadarUtara.ID. Untuk di sektor Hewani, ini Pemdes Pagardin memfokuskan ketersediaan pangan masyarakatnya melalui kegiatan budidaya ternak Kambing dan ikan Lele. Sedangkan untuk di sektor nabati, Pemdes Pagardin memfokuskan kegiatan ketahanan pangannya terhadap penanaman bibit sayuran hingga palawija di atas lokasi yang telah difasilitasi oleh desa.

"Alhamdulillah, dua sektor program ketahanan pangan yang kita agendakan di TA 2023 ini sudah kita realisasikan. Dari sektor hewani kita fokus kepada pengembangan ternak Kambing dan budidaya ikan lele. Sedangkan untuk di sektor nabati, kita fokus kepada penanaman bibit sayuran dengan memberdayakan masyarakat lewat peran PKK ," ujar Kades Pagardin, Eko Pastrio, SH.

Ditargetkan, Kades, dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Kedua sektor program ketahanan pangan di desanya, ini bisa produksi dan dapat mencukupi ketersediaan pangan masyarakat di desanya.

"Dari sektor hewaninya kita targetkan ekonomi masyarakat bisa mendapat nilai tambah. Sedangkan dari sektor nabatinya, kita targetkan bibit sayuran yang kita fasilitas kepada masyarakat melalui pembagian bibit hingga media tanam seperti polibag-nya meskipun tidak dalam jumlah banyak, bisa mencukupi kebutuhan pangan masyarakat sehari-hari," pungkasnya.

Di si sisi lain, Kades, menambahkan. Dari penyerapan DD tahap I, ini pihaknya juga telah melakukan penyaluran program BLT-DD ekstrim kepada 33 KPM di desanya. Dari penyaluran BLT-DD ekstrim, ini menurut Kades, setiap KPM berhak mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 900 ribu/KPM.

"BLT-DD yang kita bagikan untuk jatah 3 bulan sekaligus. Alhamdulillah, masing-masing KPM sudah menerima haknya dan memanfaatkannya," demikian Kades.(sig

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: