Pemdes Air Lelangi Salurkan BLT-DD, Program Ketahanan Pangan dan Pembangunan Fisik

Pemdes Air Lelangi Salurkan BLT-DD, Program Ketahanan Pangan dan Pembangunan Fisik

Pemdes Air Lelangi Salurkan BLT-DD, Program Ketahanan Pangan dan Pembangunan Fisik --

ULOK KUPAI, RADARUTARA.ID- Penyaluran dana desa (DD) tahap I TA 2023 oleh pemerintah pusat kepada Pemdes Air Lelangi, Kecamatan Ulok Kupai berlangsung sukses. Konkretnya pada Senin (10/4) hari, ini Pemdes Air Lelangi mulai merealisasikan alokasi DD tahap I yang diterimanya itu dengan melaksanakan penyaluran program BLT-DD kepada 27 KPM.

Total nominal BLT-DD yang disalurkan oleh Pemdes Air Lelangi kepada 27 KPM di wilayah kerjanya, ini berjumlah Rp 900 ribu/KPM untuk jatah 3 bulan sekaligus yakni jatah bulan Januari, Februari dan Maret. Usai sukses melaksanakan penyaluran program BLT-DD.

Di kesempatan yang sama, Pemdes Air Lelangi turut merealisasikan program kerjanya di sektor ketahanan pangan dan melangsungkan kegiatan titik nol terhadap pembangunan fisik yang sebelumnya telah direncanakan pada APBDes TA 2023.

"Ada 27 KPM di TA 2023 ini yang berhak menerima program BLT-DD. Dan hari, ini jatah tiga bulan di pencairan tahap I sudah kita realisasikan sekaligus kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Semoga bermanfaat," terang Kades Air Lelangi, Badrun Jailani Amin, S.Sos.

Dikatakan Kades, di awal pelaksanaan DD tahap I TA 2023, ini pihaknya juga akan fokus kepada pelaksanaan program ketahanan pangan di sektor hewani.

"Sesuai hasil kesepakatan dan musyawarah di tingkat desa. Kita fokuskan program ketahanan pangan di tahun, ini kepada sektor hewani dalam bentuk budidaya ternak kambing. Secara tekhnis, desa akan memberikan bantuan ternak berupa kambing kepada masing-masing kelompok yang terbentuk di setiap RT. Kita targetkan ternak Kambing yang dikelola melalui kelompok ini nantinya dapat berkembang dan memberi nilai tambah untuk menjamin ketersediaan pangan masyarakat di masing-masing RT," pintanya.

Lebih jauh, Kades, menambahkan. Dalam kegiatan yang berlangsung di tahap I, ini desa juga mengawali tahapan pra kegiatan pembangunan fisik yang nantinya akan didanai melalui DD tahap II.

"Hari, ini kita sekaligus melangsungkan kegiatan titik nol kepada pembangunan fisik berupa pelapis tebing dengan volume 185 meter yang nantinya kita didanai lewat DD II. Selebihnya kami berharap, segala bentuk program pembangunan yang sudah kita rencanakan dan laksanakan di TA 2023, ini dapat terlaksana dengan sukses dan memberi dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa," demikian Kades.(Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: