Selain Mencegah Pencuri, Parit Gajah Ternyata Bisa Jadi Tempat Impian Loh

 Selain Mencegah Pencuri, Parit Gajah Ternyata Bisa Jadi Tempat Impian Loh

Selain Mencegah Pencuri, Parit Gajah Ternyata Bisa Jadi Tempat Impian Loh--

RADARUTARA.ID- Selain mencegah terjadinya aksi pencurian, seperti yang dilakukan oleh ibu-ibu yang viral di media sosial. Ternyata parit gajah juga memiliki fungsi lainnya, dan kamu harus tahu fungsi dari parit gajah ini agar tidak salah menafsirkan. 

Parit sangat sering dijumpai di areal perkebunan, termasuk di kebun sawit. Parit di kebun sawit perlu dirawat rutin agar bisa berfungsi dengan baik. Parit yang tidak berfungsi dapat menyebabkan lahan perkebunan tergenang oleh air yang datang dari hujan atau penyiraman.

Tanaman sawit membutuhkan kondisi air tanah yang baik agar dapat tumbuh dengan subur dan berproduksi tinggi. Oleh karena itu, parit di kebun sawit harus rajin dirawat karena fungsinya yang sangat penting untuk mendapatkan hasil panen yang tinggi.

BACA JUGA:Lantaran Kesal Sawit Sering Dicuri, Perempuan ini Gali Parit Gajah di Kebunnya, Aksinya Viral di Media Sosial

Fungsi parit di kebun sawit adalah untuk mengalirkan kelebihan air dari blok/kebun ke luar kebun dengan lancar. Hal ini berguna untuk mencegah tanah di perkebunan tergenang oleh air dan menyebabkan penyakit pada pohon sawit.

Selain itu, fungsi parit yang tidak kalah penting adalah menstabilkan kadar air tanah agar tetap berada pada kisaran 20—25 persen dengan kedalaman aras air (water table) optimal 60 cm.

Parit yang bersih dan rajin dirawat memiliki kondisi yang bebas dari gulma dan benda-benda lain yang menghalangi kelancaran aliran air. Selain itu, kedalaman parit bisa menunjang kelancaran aliran air sehingga tidak menyebabkan air meluap ke kebun.

Anda harus rajin melakukan kontrol untuk memantau pertumbuhan gulma dan keberadaan benda asing seperti kayu gelondongan yang biasanya ditemukan di aliran air.

Gulma yang di aliran parit dan kayu-kayu dapat menyebabkan aliran air terhambat dan akhirnya menyebabkan parit tidak berfungsi.

Sistem drainase yang bisa dibuat untuk parit di kebun sawit adalah sistem drainase berjenjang yang terdiri atas drainase lapangan, drainase pengumpul, dan drainase pembuangan.

BACA JUGA:Viral Karena Flexing Tas Emas Hingga Dikira Istri Pejabat, Ternyata ini Sumber Penghasilan Mira Hayati

Drainase lapangan merupakan parit buatan yang bisa berfungsi untuk menahan air yang ada dan mengalirkannya di permukaan tanah.

Drainase pengumpul dibangun seperti parit buatan, kolam, waduk, dan sebagainya yang menampung air di suatu areal tertentu dan mengalirkannya ke pembuangan. Sementara itu, drainase pembuangan berfungsi untuk mengeluarkan air dari suatu areal tertentu dengan memanfaatkan kondisi alam seperti sungai, jurang, atau rendahan.

Selain itu, galian parit gajah juga menjadi cikal bakal spot mancing yang sangat bagus bagi para pemancing, karena biasanya banyak ikan air rawa yang muncul di lokasi tersebut. Seperti ikan Gabus, Belut, Ikan Sepat dan Lele jenis Kalang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: