Kamu Wajib Tahu, 6 PTN ini Masih Buka Seleksi Dengan Nilai Rapor

Kamu Wajib Tahu, 6 PTN ini Masih Buka Seleksi Dengan Nilai Rapor

6 PTN Yang Masih Buka Seleksi Dengan Nilai Rapor--

RADARUTARA.ID - Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) baru saja diumumkan pada 28 Maret 2023 lalu. Seleksi ini merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui nilai rapor dan prestasi akademik maupun non-akademik.

 

Bagi siswa yang belum beruntung bisa lulus di jalur SNBP, perlu persiapan diri untuk menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT).

BACA JUGA:Jalur SNPMB-SNBP 2023 Mulai Dibuka, Berikut Jadwal dan Tahapan Seleksinya

Sembari mempersiapkan diri, tak ada salahnya untuk mencoba seleksi masuk PTN menggunakan nilai rapor. Tercatat, beberapa PTN turut membuka seleksi melalui jalur rapor selain SNBP. Berikut beberapa PTN yang telah dan akan membuka jalur pendaftaran menggunakan nilai rapor:

 

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur rapor. Jalur seleksi ini disebut dengan Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi 2023.

Melansir dari laman ugm.ac.id, Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi diperuntukkan bagi siswa pemenang/juara lomba di bidang olahraga, seni, dan IPTEK, sesuai program studi yang dipilih.

Syaratnya adalah usia maksimal 25 tahun, memiliki prestasi akademik baik dan konsisten, surat keterangan lulus dan memiliki ijazah SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C dalam 1 (satu) tahun terakhir. Untuk biaya pendaftaran sebesar Rp275.000, sedangkan hasil pengumuman pada 15 Mei 2023.

 

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Penerimaan S1 Sarjana Jalur Prestasi Unpad ini dibuka untuk penghargaan bidang sains, olahraga, dan seni. Pendaftar wajib memiliki nilai SNBT atau nilai SMUP (Seleksi Masuk Unpad) 2023.

Pada jalur ini, peserta diminta menyertakan nilai rapor mulai semester 1-5 baik untuk siswa SMA/MA/SMK. Registrasi untuk jalur prestasi S1 Unpad bisa dilakukan mulai 29 Maret-1 Juni 2023 pukul 16.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: