Orang Tua Wajib Perhatikan Tips ini Jika Berencana Mudik dengan Bayi

Orang Tua Wajib Perhatikan Tips ini Jika Berencana Mudik dengan Bayi

Pemudik sepeda motor di momen lebaran--

RADARUTARA.ID- Momen mudik lebaran ke kampung halaman memang menjadi hal yang sangat diimpikan oleh para perantau, apalagi jika sudah cukup lama tidak pulang karena terkendala jarak dan pekerjaan. Tak jarang jika kita pulang akan membawa serta seluruh sanak keluarga dan menggunakan transportasi yang menurut kita aman dan nyaman.

Karena mudik sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan beragama moda transportasi, baik pribadi maupun kendaraan umum, baik dengan menggunakan pesawat, kereta api, kapal, mobil, bus maupun sepeda motor.

Tetapi bagi kamu yang berniat mudik membawa bayi atau anak dibawah 3 tahun, menggunakan mobil pribadi wajib membuat persiapan secara matang, agar perjalanan mudik bisa berjalan dengan lancar.

Persiapan mudik yang harus dilakukan jika berniat membawa bayi

1. Pastikan anak sehat dan siapkan P3K

Jika ingin mudik membawa bayi, kamu harus memastikan kesehatan si kecil sebelum berangkat. Hindari memaksakan diri untuk tetap mudik jika anak tidak dalam kondisi sehat.

Kamu bisa membawanya ke dokter terlebih dahulu untuk memeriksa kesehatannya, sekaligus meminta daftar vitamin dan obat-obatan yang harus dibawa dalam perjalanan. Dengan begitu, kamu dapat mengantisipasi jika si kecil tiba-tiba kurang sehat.

Selain obat-obatan, kamu juga perlu membawa termometer suhu tubuh karena bayi bisa saja demam karena kelelahan. Jadi, lebih baik persiapkan P3K yang lengkap untuk bayi kamu.

 

2. Pakai pakaian nyaman berikut cadangannya

Pakaikan bayi dengan baju ternyamannya, agar si kecil tidak rewel dan mengganggu perjalananan mudik. Selain itu juga sediakan pakaian cadangan, agar bayi bisa ganti baju, baik karena panas maupun mungkin kena muntahan ataupun makanan selama di perjalanan.

Untuk itu, kamu perlu memberikan pakaian yang nyaman dan lembut untuk si kecil. Pastikan bahan pakaian tersebut juga sejuk sehingga si kecil tidak merasa panas dan gelisah. Dengan begitu, kamu dapat lebih tenang saat mudik membawa bayi.

 

3. Bawa selimut dan jaket

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: