Penting! Makanan dan Minuman tidak Sehat ini Harus Dihindari saat Berbuka

Penting! Makanan dan Minuman tidak Sehat ini Harus Dihindari saat Berbuka

Gorengan menjadi makanan favorit selama Ramadhan--

ULOK KUPAI, RADARUTARA.ID- Berbuka puasa menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi orang yang menjalankan ibadah puasa.

Akan tetapi, asupan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh saat berbuka puasa juga harus diperhatikan. Agar tubuh tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa. Karena, setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi akan berdampak pada risiko kesehatan.

BACA JUGA:Berikut Cara Agar Buah Hati Mau Ikut Berpuasa Ramadan

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan akibat makanan dan minuman yang dikonsumsi selama bulan puasa, ini Kepala Puskesmas Tanjung Harapan, Harmen, SKM, meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat mengurangi konsumsi terhadap beberapa jenis makanan dan minuman ini.

Dikatakan Harmen, saat bulan puasa, khususnya saat berbuka puasa. Masyarakat harus menghindari minuman-minuman yang terlalu manis dan asam.

Selanjutnya, saat berbuka puasa, Harmen, juga menyarankan kepada masyarakat agar mengurangi konsumsi kepada makanan-makanan yang pedas dan berminyak.

"Kandungan makanan tersebut jika dikonsumsi berlebihan saat berbuka puasa bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti masalah pada pencernaan dan pernapasan," ungkap Harmen.

BACA JUGA:Ingin Sehat, Hindari Makanan ini Saat Berbuka Puasa

Di sisi lain, Harmen, menambahkan. Selama bulan puasa berlangsung, masyarakat juga diminta untuk mengatur pola istirahat. Karena menurut Harmen, pola istirahat yang tidak teratur juga bisa mengurangi ketahanan tubuh hingga rentan membuat seseorang mudah sakit.

"Waktu begadang dan aktifitas di luar rumah juga harus dikurangi. Begadang yang berlebihan bisa memicu turunnya daya tahan tubuh. Karena jika pola istirahat tidak terjaga, ditambah dengan pola makan yang tidak sehat. Seseorang akan lebih rentan mengalami penurunan kesehatan," demikian Harmen.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: