Duhh! Harga TBS di Pabrik Turun Lagi, Cek Harga Lengkapnya Hari ini

Duhh! Harga TBS di Pabrik Turun Lagi, Cek Harga Lengkapnya Hari ini

Situasi antrean mobil pengangkut TBS di lingkungan PKS PT Alno--

ULOK KUPAI, RADARUTARA.ID- Hampir sepekan terakhir, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di beberapa PKS mengalami penurunan. Penurunan harga TBS yang terjadi beberapa hari terakhir, nilainya memang tidak terlalu signifikan.

Hanya saja penurunan harga TBS yang rata-rata mencapai Rp 50 rupiah/hari, ini hampir berlangsung setiap hari. Seperti data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh RadarUtara.ID Selasa (28/3) hari ini. Khusus harga TBS di lingkungan PKS PT Alno Agro Utama-Sumindo Estate yang sebelumnya tembus diangka Rp 2.470/Kg.

Hari ini harga TBS di lingkungan PKS yang rutin menerima TBS dari masyarakat di Kecamatan Ulok Kupai, Kecamatan Napal Putih dan beberapa kecamatan tetangga lainnya ini menjadi Rp 2.420/Kg.

Managemen PT Alno Agro Utama melalui Humas, Irwan, mengakui adanya tren penurunan kepada harga beli TBS di lingkungan PKS saat ini. Menurut Irwan, tren penurunan TBS yang terjadi di PKS saat, ini dipengaruhi oleh faktor perbandingan berat kering ekstrak dengan jumlah bahan baku atau biasa disebut Rendemen pada kualitas TBS yang sedang turun.

"Penurunan harga TBS yang terjadi hari, ini diangka Rp 50 rupiah/hari. Faktor utamanya disebabkan Rendemen turun. Rendemen atau kualitas buah mengalami penurunan juga diakibatkan oleh faktor cuaca yang belakangan ini kerap hujan," pungkasnya.

Di sisi lain, Irwan, memastikan. Untuk produksi atau ketersediaan TBS di lingkungan pabrik untuk saat ini tidak ada masalah. Justru menurut Irwan, jumlah TBS yang diterima oleh PKS belakangan ini sudah mulai stabil, dibanding saat mengalami musim trek beberapa bulan lalu.

"Dibanding musim trek, kemarin. Buah sekarang lebih stabil. Kondisi tersebut terpantau dari jumlah buah yang masuk dan kita terima sejak sepekan terakhir, ini," demikian Irwan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: