Umat Muslim Wajib Mengetahui Waktu-Waktu Mustajab untuk Berdoa

Umat Muslim Wajib Mengetahui Waktu-Waktu Mustajab untuk Berdoa

Umat Muslim Wajib Mengetahui Waktu-Waktu Mustajab Dalam Berdoa--

RADARUTARA.ID- Doa merupakan ungkapan harapan kepada Allah karena merasa diri lemah dan tak berdaya tanpa pertolongan dari Nya. Dalam doa yang diungkapkan terdapat harapan untuk mencapai sesuatu dan berharap kepada Allah agar selalu dilindungi dan terhindar dari segala sesuatu yang membahayakan.

Dalam Al-Quran telah dijelaskan tentang kewajiban umat manusia untuk selalu berdoa dan meminta kepada Allah SWT. Jadi sudah selayaknya sebagai umat muslim, kita hanya boleh meminta dan memuji sang pencipta, baik secara langsung maupun dengan kalimat pujian.

Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

(QS. Ghafir Ayat 60)

Pada ayat ini, Allah memerintahkan agar manusia berdoa kepada Nya. Jika mereka berdoa niscaya Allah akan mengabulkan doa tersebut.

Berikut waktu-waktu tertentu yang menjadikan doa yang di ucapkan menjadi lebih mustajab.

1. Berdoa di hari Jumat 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW Bersabda, "Pada hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan Sholat lantas ia memohonkan suatu doa pada Allah SWT bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah SWT akan memberi apa yang ia minta". Dan beliau berisyarat dengan tangannya akan sebentarnya waktu tersebut." (HR. Bukhari dan Muslim).

 

2. Saat Berpuasa dan Berbuka Puasa.

Rasulullah SAW Bersabda, "Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan : kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak." (HR. Muslim)

 

3. Setelah Sholat Fardu

Dari Abu Umamah r.a, sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah SWT, Beliau menjawab. Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai Shalat Fardhu" (HR. Tirmidzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: