Jaga Kedaulatan Pangan, Desa di Padang Jaya Gelontorkan DD Untuk Tanam Bawang Merah.

Jaga Kedaulatan Pangan, Desa di Padang Jaya Gelontorkan DD Untuk Tanam Bawang Merah.

Bupati Mian saat meninjau lokasi rencana untuk budidaya Bawang Merah--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID- Ada yang menarik dalam menjaga kedaulatan pangan di Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. Dimana hampir seluruh desa di Kecamatan Padang Jaya dan Giri Mulya akan mengalokasikan anggaran khusus dari Dana Desa untuk pengembangan bawang merah melalui kelompok tani.

Kepala Desa Marga Sakti, Sumayono, mengatakan bawang merah yang digerakkan melalui kelompok tani Sidodadi dipercaya untuk melakukan program penanaman Bawang Merah. Dengan begitu, dana desa sebesar 20 persen nantinya dipergunakan ketahanan pangan dan sebagian untuk pengadaan bibit bawang merah.

"Alhamdulillah semua desa menganggarkan untuk ketahanan pangan penanaman bawang merah, mudah-mudahan kedepan menjadi pionir atau percontohan pengembangan bawang merah di Kabupaten Bengkulu Utara,"jelasnya.

Sementara Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian yang berkesempatan hadir dalam rangka meninjau lokasi yang akan di tanam bawang merah. Dirinya optimis, dengan program penanaman bawang merah ini nilai tukar petani makin baik, seiring tingkat kesejahteraan masyarakat yang juga makin baik.

"Saya minta penanaman ini berkelanjutan, kami yakin lokasinya sangat cocok untuk pengembangan bawang merah dan akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"ungkapnya.

Bupati Mian juga mengapresiasi program ini, terbukti Bank Indonesia sangat tertarik sehingga akan mengeluarkan CSRnya untuk membantu petani bawang merah. Diakuinya,

upaya pemerintah daerah fokus menjaga ketahanan pangan akan inflasi nasional, merupakan program yang sedang ditindaklanjuti atas instruksi Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, bagaimana upaya untuk menjaga kedaulatan pangan secara nasional khususnya di Kabupaten Bengkulu Utara.

"Secara ekonomis, bawang merah sangat cocok di Bengkulu Utara. Nantinya kalau sudah berhasil, akan kita jadikan pilot Projek," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: