Gandeng SMA Sint Carolus, Kanopi Luncurkan SEB Bengkulu #2

Gandeng SMA Sint Carolus, Kanopi Luncurkan SEB Bengkulu #2

Peluncuran SMA Sint Carolus sebagai SEB Bengkulu #2--

BENGKULU, RADARUTARA.ID - Kanopi Hijau Indonesia yang sebelumnya telah menginisiasi SMA Muhammadiyah 4 Kota BENGKULU sebagai Sekolah Energi Bersih (SEB) BENGKULU jilid 1 (#1), Minggu (5/3) kembali melakukan inisiasi serupa. Dimana kali ini SMA Sint Carolus sebagai SEB BENGKULU jilid 2 (#2).

 

Direktur Program dan Juru Kampanye Energi Kanopi Hijau Indonesia, Olan Sahayu mengatakan, SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu menjadi SEB Bengkulu pertama, diresmikan pada tahun 2020 lalu.

"Tahun ini untuk SEB Bengkulu kedua, kita menggandeng SMA Sint Carolus dengan memasang panel surya dan turbin angin," ungkap Olan.

 

Dalam momen peluncuran ini, lanjut Olan, sekaligus sebagai edukasi tentang pemanfaatan energi bersih yang adil dan berkelanjutan.

"Peluncuran SEB Bengkulu #2 dilakukan untuk menyampaikan kepada publik bahwa program sekolah energi bersih kedua telah bergulir," kata Olan.

 

Menurutnya, transisi enenrgi sudah menjadi agenda penting. Namun masyarakat harus mengawal dan memastikan bahwa transisi yang dijalankan sesuai dengan tuntutan, yakni energi bersih yang adil dan berkelanjutan.

"Skema transisi harus jelas, transparan hingga menyasar rakyat di tingkat tapak,” jelas Olan.

 

Ia mengharapkan, peluncuran ini adalah titik awal untuk melakukan penyadaran hingga menggalang dukungan publik untuk mendukung program ini.

"Kitapun berharap SEB ini dapat mengubah persepsi publik, jika penggunaan fosil batubara terbukti menghilangkan sumber penghidupan rakyat," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: