Perbup Penyusunan APBDes Belum Keluar, Dana BLT Terpaksa Ngendap di Rekening Desa

Perbup Penyusunan APBDes Belum Keluar, Dana BLT Terpaksa Ngendap di Rekening Desa

ilustrasi BLT DD--

KETAHUN, RADARUTARA.ID- Camat Ketahun, Nasri, S.Pd, melalui Kasi PMD, Puji Widodo, menepis. Bahwa beberapa desa di wilayah kerjanya sudah ada yang menerima dana transfer khusus program BLT-DD TA 2023.

Namun sayangnya kata Puji, DD khusus BLT yang sudah diterima oleh beberapa desa itu terpaksa masih ngendap di rekening desa dan belum direalisasikan kepada masyarakat.

Ini, terjadi karena menurut Puji, beberapa desa yang sudah menerima dana transfer BLT-DD itu belum memiliki Perkades sebagai dasar desa untuk merealisasikan APBDes-nya di TA 2023.

"Perkades ini adalah penjabaran dari penggunaan DD yang berkaitan dengan APBDes. Dan untuk membuat Perkades ini desa harus memiliki dasar hukum yakni Perbup tentang penyusunan APBDes. Sementara sampai sekarang Perbup tentang penyusunan APBDes itu belum keluar dan masih kita tunggu. Itu lah yang membuat beberapa desa di wilayah kita meskipun sudah menerima dana transfer khusus BLT-DD tapi, belum berani untuk melaksanakannya," ungkap Puji.

Sambil menunggu Perbup tentang penyusunan APBDes yang dimaksud keluar, Puji, menghimbau pemerintah desa agar segera melaporkan dan meng-input data KPM BLT-DD-nya ke Omspam.

Di sisi lain, Puji, juga meminta kepada desa yang belum menuntaskan penyusunan APBDes-nya agar segera menyelesaikannya dan mengikuti tahapan verifikasi di tingkat kecamatan.

"Sambil menunggu Perbup turun, kita minta kepada desa untuk menyelesaikan penginputan data KPM ke Omspam dan melaksanakan verifikasi APBDes di kecamatan. Agar ketika Perbup tentang penyusunan APBDes nanti keluar. Desa bisa segera membuat Perkades dan dapat merealisasikan DD yang sudah diterimanya," demikian Puji. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: